Menyingkap Keunggulan Material Gore-Tex dan Rahasia Kesuksesannya

Bahan Gore-Tex
source: freepik.com

Gore-Tex adalah merek dagang milik perusahaan W. L. Gore & Associates, Inc. Gore-Tex menjadi bahan yang paling populer di kancah global karena memiliki kelebihan tahan air (waterproof), tahan angin (windproof), dan sejuk di kulit (breathable).

Bahan Gore-Tex terbuat dari varian polytetrafluoroethylene yang dikenal dengan expanded polytetrafluoroethylene (ePTFE). Bahan jenis ini biasanya digunakan sebagai bahan pakaian luar ruangan, seperti jaket, celana, sarung tangan, alas kaki, dan masih banyak lagi. Simak penjelasan di bawah ini agar lebih mengenal bahan tahan air terbaik di dunia, Gore-Tex!

Sejarah Bahan Gore-Tex

Wilbert L. Gore, pendiri W.L. Gore and Associates, memulai karirnya di DuPont Corporation pada 1940-an. Selama bekerja di DuPont, ia sangat terpikat dengan polytetrafluoroethylene (PTFE). 

Pada 1958, Wilbert meninggalkan pekerjaannya di DuPont dan memulai perjalanan luar biasa untuk mengeksplorasi potensi PTFE yang belum dimanfaatkan. Bersama istrinya, Genevieve, dan putranya, Bob, mereka menciptakan inovasi yang mengubah sejarah dunia pakaian.

Pada 1969, mereka menemukan expanded polytetrafluoroethylene (ePTFE), sebuah materi revolusioner yang menjadi dasar untuk Gore-Tex. Materi ini mampu menghasilkan pori mikro yang sangat kuat ketika diregangkan. Alhasil ia memiliki daya serap air yang rendah dan tahan terhadap berbagai cuaca. 

Pada 1978, WL Gore & Associates menghadirkan ke dunia, sebuah pakaian luar ruangan yang memadukan ketahanan terhadap air, angin, dan kelembaban; Gore-Tex. Penggunaan kain ini dapat menahan air dan angin dari luar, sekaligus memungkinkan keringat keluar dari pakaian. 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Bahan Kain Denim

Kelebihan Bahan Gore-Tex

Sebagai kain tahan air yang pertama kali ditemukan, Gore-Tex tetap menjadi bahan anti air paling populer dengan sedikit pesaing yang signifikan. Ini karena Gore-Tex mempunyai kelebihan yang luar biasa, yakni: 

  • Menjamin tubuh tetap kering dan nyaman saat turun hujan atau salju.
  • Memungkinkan uap keringat keluar dengan mudah, sehingga tubuh tetap sejuk dan nyaman saat beraktivitas. 
  • Menghalangi angin dingin, sehingga tubuh tetap hangat saat berkendara atau saat berada di lingkungan berangin. 
  • Bahan Gore-Tex yang ringan dan fleksibel, sehingga memudahkan pengguna untuk beraktivitas.
  • Sistem inovatif Gore-Tex memungkinkan lebih banyak panas dan kelembaban udara keluar lebih cepat, termasuk pada permukaan telapak kaki. 
  • Gore-Tex mempunyai jahitan yang lebih sedikit, sehingga dapat meningkatkan ketangkasan.

Rahasia Kesuksesan Bahan Gore-Tex

Pakaian Outdoor
source: freepik.com

Membuat kain yang dapat menahan hujan atau air sebenarnya cukup sederhana. Namun, menciptakan kain waterproof sekaligus memungkinkan keringat keluar agar pengguna tetap nyaman adalah tugas yang jauh lebih sulit. Rahasia kesuksesan Gore-Tex dalam menciptakan bahan outdoor yang nyaman terletak pada tiga fitur utama:

1. Membran sangat tipis

Inti dari teknologi Gore-Tex adalah membran yang sangat tipis. Membran ini memiliki lebih dari sembilan miliar pori-pori mikroskopis. Meskipun pori-pori ini 20.000 kali lebih kecil dari sebutir air, namun 700 kali lebih besar dari molekul uap air. 

Artinya, tetesan air hujan atau salju tidak akan masuk melewati membran. Namun, uap air dari keringat dapat keluar melalui membran. Fitur ini membuat kulit mendapatkan sirkulasi udara yang baik, sehingga tetap terasa sejuk dan tidak lembab. 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Seputar Bahan Rakel

2. Laminasi

Fitur lain Gore-Tex dari adalah laminasi. Laminasi adalah perekatan membran dengan kain utama, biasanya sintetis seperti nilon. Perekatan membran dan kain yang sempurna membuat Gore-Tex menjadi bahan pakaian outdoor kedap air dan tahan bocor terbaik. 

Gore-Tex hadir dalam berbagai konstruksi kain, termasuk konstruksi tiga lapis (membran direkatkan ke kain utama di kedua sisinya) dan dua lapis (membran diikat ke bagian muka kain utama dan dapat memiliki liner di sisi lain, memungkinkan opsi insulasi).

3. Jahitan tersegel 

Terakhir, jahitan tersegel membuat produk yang dibuat menggunakan Gore-Tex tahan terhadap cuaca dan tidak akan bocor di sisi tertentu. Jahitan tersegel tetap memungkinkan pengeluaran uap air, dibandingkan strip pita atau selotip pada jaket waterproof lainnya.

Intinya, penggunakan Gore-Tex tetap tahan terhadap segala bentuk kelembaban, tanpa mengorbankan kenyamanan sirkulasi udara.

Demikian kupas tuntas bahan Gore-Tex sebagai bahan paling populer di kancah global. Berbagai kelebihan yang ada di Gore-Tex sangat cocok untuk digunakan sebagai pakaian outdoor. Bagimana? Apakah Anda tertarik untuk membuatnya?

Jika Anda ingin membuat pakaian outdoor dan sedang mencari toko konveksi, kamu dapat mengunjungi Konveksidijogja.co.id. Konveksi terbesar di Jogja yang menyediakan jasa konveksi dengan koleksi super lengkap dan kualitas yang terbaik. Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan CS Kami, Jadi, jangan ragu lagi untuk menyerahkan pakaian impianmu hanya kepada kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp chat