Mengenal Bahan Polyester: Serat Sintetis Paling Populer di Dunia

Kain Polyester Hijau
source: freepik.com

Polyester adalah salah satu jenis serat sintetis paling populer dalam industri tekstil. Tidak hanya pakaian, polyester juga digunakan sebagai bahan baku sprei, selimut, karpet, dan masih banyak lagi.

Simak penjelasan di bawah ini untuk lebih mengenal bahan polyester!

Apa Itu Bahan Polyester?

Polyester adalah kain sintetis yang berasal dari jenis plastik berbahan dasar minyak bumi. Ini adalah salah satu tekstil paling populer di dunia yang telah digunakan dalam ribuan aplikasi konsumen dan industri yang berbeda.

Secara kimia, polyester adalah polimer yang terutama tersusun dari senyawa dalam gugus fungsi ester. Reaksi asam tereftalat dan etilen glikol menghasilkan senyawa ester etilen glikol tereftalat, yang dipolimerisasi melalui kondensasi membentuk poliester. Poliester pertama-tama dibentuk menjadi ukuran chip dan kemudian dipintal menjadi benang filamen.

Polyester digunakan sebagai alternatif pengganti serat alami, seperti kapas, wol, dan sutra. Intinya, apapun yang terbuat dari serat alami juga bisa dibuat dengan poliester. Produsen menggunakan bahan polyester untuk membuat kemeja, celana, jas, jaket, kaus kaki, pakaian dalam, dan hampir semua pakaian untuk acara santai, bisnis, atau formal. 

Keunggulan Bahan Polyester

Kain polyester memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya populer dalam industri tekstil dan pakaian. Berikut beberapa keunggulan utama kain polyester. 

1. Tahan Kusut

Polyester cenderung lebih tahan kusut dibandingkan dengan beberapa serat alami seperti kapas. Ini menjadikannya lebih mudah dirawat dan mempertahankan tampilan yang rapi. 

2. Tahan Aus dan Tahan Lama

Kain polyester memiliki kekuatan dan ketahanan aus yang tinggi, sehingga cocok untuk penggunaan jangka panjang. Pakaian dan produk tekstil dari polyester cenderung lebih tahan lama. 

3. Cepat Kering

Polyester Hitam; Pakaian Olahraga
source: freepik.com

Polyester memiliki daya serap air yang rendah, sehingga kering lebih cepat setelah dicuci atau setelah terkena air. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk pakaian olahraga atau pakaian yang sering dicuci. 

4. Tahan Noda

Kain polyester umumnya tahan terhadap noda, sehingga memudahkan perawatan dan pemeliharaan pakaian. Ini membuatnya cocok untuk penggunaan sehari-hari.

5. Kuat

Serat polyester memiliki kekuatan yang tinggi, membuatnya tahan terhadap tekanan dan tarikan. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk berbagai aplikasi, termasuk pakaian teknis dan perlengkapan luar ruangan.

Baca juga: Ini dia 20 Jenis Bahan Kain yang Perlu Diketahui

6. Harga Terjangkau

Kain polyester umumnya lebih ekonomis dibandingkan dengan beberapa serat alami, seperti sutra atau wol, menjadikannya pilihan yang terjangkau untuk berbagai produk tekstil. 

Kekurangan Bahan Polyester

Meskipun kain polyester memiliki banyak keunggulan, ada juga beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan, antara lain.

1. Kurangnya Sirkulasi Udara

Polyester memiliki daya serap air yang rendah dan kurang memiliki sirkulasi udara dibandingkan dengan serat alami seperti kapas atau linen. Hal ini dapat membuat pakaian dari polyester terasa kurang nyaman digunakan dalam iklim panas. 

2. Tidak Ramah Lingkungan

Proses produksi polyester melibatkan penggunaan bahan kimia berbasis minyak dan sumber daya energi yang tinggi. Selain itu, polyester bersifat non-biodegradable, yang berarti sulit terurai di alam dan dapat menyebabkan masalah lingkungan. 

3. Kurang Menyerap Keringat

Kain polyester cenderung tidak efektif menyerap keringat dibandingkan dengan serat alami. Ini dapat membuat pakaian terasa lembab dan kurang nyaman selama aktivitas fisik intensif. 

4. Melepaskan Mikroplastik

Saat dicuci, pakaian polyester dapat melepaskan serat mikroplastik ke dalam air. Ini dapat berdampak buruk pada lingkungan air dan kehidupan laut. 

Baca juga: Bahan Tencel, Tekstil Ramah Lingkungan Terbaik di Dunia

5. Mudah Meleleh atau Mengecil

Polyester dapat meleleh atau mengecil jika terpapar suhu tinggi. Hal ini perlu diperhatikan dalam proses pencucian dan pengeringan. 

6. Mudah Bau

Kain polyester memiliki kemampuan menyerap aroma yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa serat alami. Ini dapat menyebabkan pakaian cepat mempertahankan bau yang tidak diinginkan. 

7. Kurang Estetik 

Beberapa orang mungkin lebih memilih tampilan dan sentuhan serat alami seperti kapas atau sutra karena memberikan estetika alami yang berbeda daripada tampilan lebih bersifat sintetis yang dimiliki oleh polyester.

Setiap jenis bahan memang memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Hal itu menjadikannya penting bagi pembeli untuk berhati-hati dalam membeli kain. Sesuaikan kebutuhan kain dengan konsep acara yang Anda perlukan.

Namun, jika Anda masih bingung dan ingin membuat baju secara custom. Anda dapat mengunjungi KonveksidiJogja.co.id atau berkonsultasi dengan CS Kami untuk memudahkan proses pemesanan. Yuk, buruan diorder!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp Chat Admin