Keunggulan Bahan Tencel: Tekstil Ramah Lingkungan Terbaik di Dunia

Bahan Tencel
source: freepik.com

Tencel adalah salah satu jenis kain ramah lingkungan yang terbuat dari pulp kayu. Tencel dianggap sebagai kain kelas atas, karena lembut, tahan lama, sejuk, menyerap keringat, dan menjadi alternatif populer untuk bahan katun.

Cari tahu penjelasan tentang bahan Tencel dalam uraian di bawah ini!

Apa Itu Bahan Tencel?

Tencel adalah merek dagang untuk serat selulosa yang diproduksi oleh perusahaan Austria, Lenzing AG. Tencel terbuat dari beberapa jenis pulp kayu, meskipun sebagian besar bersumber dari pohon eucalyptus dan beech.

Pulp kayu diproses secara kimia menjadi serat selulosa semi-sintetis yang digunakan dalam berbagai produk seperti pakaian dan tempat tidur. Proses produksi Tencel melibatkan penggunaan pelarut yang ramah lingkungan, yakni N-metilmorfolina oksida. Ini biasanya menggunakan lebih sedikit air dan lebih sedikit pestisida dibandingkan kapas.  

Serat Tencel sering kali dicampur dengan bahan lain seperti katun atau poliester untuk membantu menyeimbangkan karakteristik berbagai bahan dalam satu kain. Karena Tencel murni harganya agak mahal, campurannya dapat digunakan untuk mencapai titik harga keseluruhan yang lebih rendah.

Keunggulan Bahan Tencel

Tencel menjadi pilihan populer penggemar tekstil yang mencari kombinasi kenyamanan, keberlanjutan, dan kinerja yang baik. Berikut adalah beberapa keunggulan utama dari bahan Tencel: 

1. Ramah Lingkungan

Proses produksi Tencel melibatkan penggunaan pelarut yang dapat didaur ulang, sehingga dianggap lebih ramah lingkungan daripada beberapa metode produksi serat lainnya. Kayu yang digunakan berasal dari hutan yang dikelola secara berkelanjutan, seperti pohon eukaliptus. 

2. Daya Serap Baik

Serat Tencel memiliki kemampuan menyerap air dengan baik, melebihi bahkan kapas. Hal ini membuatnya dapat menjaga kelembaban pada kulit dan memberikan kenyamanan saat digunakan. 

3. Lembut dan Sejuk

Kain Tencel terkenal karena kelembutannya, memberikan sentuhan yang lembut pada kulit. Selain itu, serat ini memiliki sifat pendinginan, menjadikannya nyaman untuk digunakan di cuaca panas. 

Baca juga: Ini dia 20 Jenis Bahan Kain yang Perlu Diketahui

4. Antibakteri

Tencel memiliki sifat antibakteri alami, yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri pada kain. Hal ini dapat memberikan manfaat dalam menjaga kebersihan pakaian dan kesehatan kulit. 

5. Sirkulasi Udara Baik

Kain Tencel memiliki sifat yang memungkinkannya untuk “bernapas,” memberikan sirkulasi udara yang baik. Ini dapat membantu menjaga kenyamanan pengguna, terutama dalam kondisi cuaca panas. 

6. Daya Tahan Tinggi

Meskipun serat Tencel terasa lembut dan halus, namun memiliki daya tahan yang baik. Pakaian yang terbuat dari Tencel umumnya dapat bertahan lama dengan pemeliharaan yang baik. 

7. Warna Menawan

Tencel memiliki daya serap warna yang baik, sehingga dapat menghasilkan warna yang tajam dan tahan lama pada pakaian. 

8. Serbaguna

Bahan Tencel digunakan dalam berbagai produk tekstil, termasuk pakaian, seprai, handuk, dan berbagai aksesori, menunjukkan keserbagunaan dan fleksibilitasnya dalam aplikasi tekstil. 

Baca juga: Mengenal 6 Karakteristik Bahan Tweed

Jenis-Jenis Bahan Tencel

Tencel diproduksi dalam dua versi utama, yakni lyocell dan modal. Terkadang juga dicampur dengan bahan lain seperti katun dan poliester untuk menyeimbangkan karakteristik bahan yang berbeda. Berikut beberapa jenis bahan Tencel dan penjelasan lengkapnya!

1. Bahan Tencel Lyocell 

Lyocell adalah bahan rayon generasi terbaru yang dibuat dengan menggantikan bahan kimia manufaktur beracun dengan pelarut tidak beracun. Proses manufaktur menangkap kembali 99% pelarut untuk digunakan kembali, menjadikan lyocell bahan yang lebih ramah lingkungan. 

Lyocell umumnya terbuat dari serat kayu eucalyptus. Bahan ini dapat dikombinasikan dengan berbagai serat tekstil seperti katun, poliester, akrilik, wol, dan sutra untuk meningkatkan estetika serta fungsionalitas kain. 

Serat Lyocell memiliki kekuatan luar biasa, penyerapan kelembaban yang efisien, dan kelembutan pada kulit. Bahan ini cocok untuk bahan pembuatan perlengkapan tempat tidur dan handuk, karena mempunyai kesan mewah dan nyaman. 

2. Bahan Tencel Modal 

Di sisi lain, Tencel Modal merupakan serat semi sintetis yang populer di kalangan produsen dan konsumen pakaian. Modal merupakan pembaruan dari rayon biasa, yakni dapat memberikan kekuatan bahan lebih baik saat basah.

Modal ideal untuk pakaian yang sering terkena basah, seperti pakaian dalam dan pakaian aktif. Bahan ini umumnya terbuat dari serat kayu beech. Proses pembuatannya menggunakan bahan kimia yang lebih keras dibandingkan lyocell.

Tencel Modal dapat menyerap pewarna, sehingga memberikan beragam pilihan warna. Ini penting untuk pakaian aktif yang sering kali membutuhkan warna-warna cerah dan berani. Tencel Modal lembut dan nyaman di kulit sekaligus menunjukkan fleksibilitas tinggi.

Itulah penjelasan terkait bahan tencel. Bahan ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan kenyamanan dan harga terjangkau serta ramah lingkungan. Jika Anda ingin membuat pakaian, Anda dapat mengunjungi Konveksidijogja.co.id atau menghubungi CS Kami segera! Yuk costum pakaian impian Anda sekarang juga, bersama Kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp Chat Admin