Mengenal Bahan Lycra: Tekstil Paling Elastis di Dunia

Bahan Lycra Putih
source: freepik.com

Bahan Lycra adalah tekstil yang biasanya dikenal dengan nama spandek atau elastan. Bahan ini terkenal karena mempunyai elastisitas yang sangat baik, sehingga tidak akan melar. 

Simak penjelasan di bawah ini untuk mengenal bahan Lycra dengan lebih baik. 

Apa Itu Bahan Lycra?

Lycra adalah merek dagang kain sintetis yang sangat elastis milik The LYCRA Company. Kain ini awalnya dikembangkan oleh DuPont Corporation pada tahun 1950an. Lycra juga dikenal sebagai  spandek dan elastan. Meski memiliki nama yang berbeda, Lycra, spandek, dan elastane semuanya merupakan bahan yang sama. 

Lycra populer dalam industri tekstil karena kemampuannya untuk meregang dan kembali ke bentuk aslinya dengan baik. Lycra juga dapat memberikan kenyamanan, kesesuaian, dan bentuk yang tahan lama pada hampir semua jenis pakaian, mulai dari kaus kaki, jeans, pakaian dalam, celana, pakaian pembentuk tubuh, kemeja, pakaian olahraga, pakaian luar ruangan, dan pakaian renang.

Sejarah Bahan Lycra

Seperti kisah penemuan penting pada umumnya, kisah bahan Lycra dimulai oleh sebuah masalah yang perlu dipecahkan, sehingga menghasilkan percikan inspirasi. Berikut kronologi perkembangan bahan Lycra dari masa ke masa. 

  • 1938

Pada 1938, DuPont memperkenalkan nilon, serat sintetis pertama yang benar-benar buatan manusia untuk menggantikan sutra. 

  • 1941 

Ketika Amerika Serikat memasuki Perang Dunia II, perlombaan untuk mengembangkan serat sintetis yang dapat menggantikan karet alam untuk ikat pinggang dan pakaian benar-benar dimulai. Sebab, persediaan karet yang terbatas akan digunakan untuk membuat ban selama perang, bukan untuk pakaian. 

  • 1958 

Pada 1958, ahli kimia DuPont bernama Dr. Joseph Shivers menemukan “Fiber K” atau serat Lycra. Sebelum penemuan serat Lycra, pakaian elastis pembentuk tubuh dibuat menggunakan karet, yang bersifat panas, berat, menyempit, dan tidak nyaman.

Serat Lycra dapat dipintal menjadi filamen halus, diregangkan hingga 500% dari panjang aslinya, dan selalu kembali ke bentuk aslinya. 

  • 1960

Serat Lycra mulai terkenal di dunia mode pada tahun 1960an. Pertama kali digunakan pada pakaian dalam pas bentuk, kemudian menjadi terobosan dalam pakaian renang dan kategori lainnya.

  • 2021

Sejak 1958, bahan Lycra telah mengembangkan portofolio yang kini menjadi lebih dari 200 jenis bahan spandek unik yang mengoptimalkan tampilan, nuansa, dan performa pakaian. Perusahaan Lycra terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk menciptakan produk baru untuk konsumen.

Baca juga: Ini dia 20 Jenis Bahan Kain yang Perlu Diketahui

Karakteristik Bahan Lycra

Karakteristik bahan Lycra membuatnya sangat diminati dalam industri tekstil dan fashion, terutama untuk pakaian yang membutuhkan elastisitas dan kenyamanan ekstra. Beberapa dari karakteristik tersebut meliputi: 

1. Elastis

Lycra sangat elastis dan dapat meregang hingga 5-8 kali panjangnya tanpa mengalami deformasi permanen. Hal ini membuat pakaian yang menggunakan bahan Lycra sangat nyaman dan dapat mengikuti gerakan tubuh dengan baik. 

2. Pemulihan Cepat

Setelah diregangkan, Lycra memiliki kemampuan untuk kembali ke bentuk aslinya dengan cepat. Ini memungkinkan pakaian untuk tetap menjaga bentuknya dan tidak kendur setelah digunakan. 

3. Nyaman 

Pakaian yang menggunakan bahan Lycra cenderung memberikan tingkat kenyamanan yang tinggi karena elastisitasnya dan kemampuannya untuk beradaptasi dengan berbagai bentuk tubuh. 

4. Tahan Terhadap Penuaan 

Pakaian dengan bahan Lycra akan tetap elastis meskipun sering digunakan atau dicuci. Dengan kata lain, bahan Lycra dapat mempertahankan kualitasnya meski telah digunakan dalam jangka panjang. 

Baca juga: Mengenal 6 Karakteristik Utama Bahan Tweed

5. Ringan 

Lycra memiliki bobot yang ringan, sehingga pakaian tidak memberikan beban berlebih pada pemakainya. Ini membuat penggunanya dapat beraktivitas dengan lebih mudah dan bebas. 

6. Sejuk 

Lycra mempunyai sirkulasi udara yang baik, sehingga akan terasa sejuk dan nyaman saat digunakan. 

7. Serbaguna

Bahan Lycra; Pakaian Olahraga
source: freepik.com

Lycra dapat digunakan dalam berbagai jenis pakaian, termasuk pakaian olahraga, pakaian renang, pakaian dalam, kaos, dan banyak lagi. Fleksibilitasnya membuatnya cocok untuk berbagai keperluan.

Bagaimana? Apakah sekarang Anda sudah paham dengan sejarah dan kelebihan bahan lycra? Jika Anda ingin membuat pakaian, Anda dapat mengunjungi Konveksidijogja.co.id untuk melihat berbagai koleksi kami. Temukan beragam jenis bahan berkualitas untuk busana Anda.

Anda juga dapat menghubungi CS Kami untuk berkonsultasi lebih lanjut. Pesan sekarang dan buatlah pakaian impian Anda menjadi kenyataan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp Chat Admin