5 Keunggulan Bahan Quick Dry untuk Pakaian Olahraga

Bahan Quick Dry
source: freepik.com

Quick dry adalah bahan paling populer untuk pakaian olahraga dan outdoor. Bagi atlet dan penggemar aktivitas luar ruangan, bahan yang mudah kering berperan penting dalam meningkatkan performa dan melindungi otot dari panas akibat aktivitas berlebihan. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengenal bahan quick dry dengan lebih detail!

Apa Itu Bahan Quick Dry?

Istilah ‘quick dry’ mengacu pada bahan pakaian yang dirancang untuk menyerap kelembaban dan cepat kering. Bahan quick dry dapat mengering sepenuhnya setelah basah dalam waktu kurang dari dua jam. Beberapa kain secara alami memang dapat menyerap kelembaban, tapi tidak secepat itu untuk kering. 

Bahan quick dry dibuat menggunakan teknik tenun khusus yang menciptakan ruang sangat kecil antar benang. Artinya, molekul kecil seperti udara mampu melewatinya, sedangkan molekul air yang cukup besar tidak dapat melewati. Ini membentuk permukaan kain yang bersifat hidrofobik atau kedap air. Teknik tenun ini juga memungkinkan molekul air menguap ke udara, sehingga lebih mudah kering. 

Keunggulan Bahan Quick Dry

Bahan quick dry baru dikembangkan selama lebih dari 20 tahun, tapi telah menguasai pasar pakaian olahraga karena mempunyai berbagai keunggulan. Berikut beberapa keunggulan yang menjadi kunci kesuksesan bahan quick dry. 

1. Menjaga tubuh tetap kering

Keunggulan utama dari bahan quick dry adalah dapat menyerap kelembaban dengan efisien. Bahan ini dikembangkan untuk menyerap keringat dan kelembaban dengan cepat, kemudian mengalirkannya ke permukaan luar pakaian. Proses penguapan yang cepat ini membuat tubuh tetap kering dan meminimalkan risiko rasa tidak nyaman atau lecet. 

2. Mengatur suhu tubuh

Bahan quick dry memfasilitasi sirkulasi udara optimal di dalam pakaian. Peningkatan aliran udara ini secara efektif mengatur suhu tubuh, dan memastikan tubuh tetap sejuk dan nyaman selama aktivitas fisik. Kain ini biasanya dibuat dengan bahan microfiber atau panel jaring yang semakin meningkatkan sirkulasi udara dan kenyamanan. 

Baca juga: Ini dia 20 Jenis Bahan Kain yang Perlu Diketahui

3. Ringan dan nyaman 

Pakaian yang terbuat dari bahan quick dry biasanya ringan dan lembut, sehingga memberikan rasa nyaman di kulit. Bahan ini dirancang untuk meminimalkan gangguan serta memungkinkan pergerakan tanpa batas, sehingga sangat cocok untuk berolahraga atau aktivitas luar ruangan. 

4. Anti bau

Bahan quick dry dilengkapi teknologi yang mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau. Fitur ini menjaga pakaian tetap berbau segar, bahkan setelah berolahraga secara intens atau dipakai dalam waktu lama. 

5. Dapat digunakan dalam segala jenis aktivitas

Pakaian aktif yang terbuat dari bahan quick dry dapat digunakan untuk berbagai pakaian2 olahraga, seperti lari, latihan, tenis, golf, bola basket, dan sepak bola. 

Jenis-Jenis Bahan Quick Dry

Bahan quick dry dapat dibuat dari serat alami maupun sintetis. Namun, serat sintetis dianggap lebih menguntungkan. Berikut beberapa bahan quick dry yang baik untuk digunakan.

1. Polyester

Polyester
source: freepik.com

Polyester dikenal sebagai pilihan utama dalam bahan pakaian olahraga. Bahan quick dry ini tahan lama, tidak mudah kusut, dan dapat menyerap kelembaban secara efisien. Sifatnya yang ringan dan menyerap keringat memfasilitasi penguapan keringat, membantu tubuh tetap kering dan nyaman. Polyester juga menawarkan insulasi yang sangat baik, membuatnya

66populer untuk pakaian olahraga cuaca dingin. 

Kelemahan dari poliester adalah dapat menumbuhkan bakteri dan jamur, sehingga menimbulkan bau yang persisten. Untuk mengatasi masalah ini, segera cuci pakaian olahraga polyester setelah berkeringat untuk mencegah kelembaban dan bau.

Baca juga: Sebelum Beli Kenalan Dulu Dengan Bahan Jet Black

2. Polipropilena 

Polipropilena adalah salah satu cairan plastik tipis yang banyak digunakan untuk bahan kain. Polipropilena sangat tahan air, sehingga menjadi pilihan yang sangat baik untuk bahan quick dry. Ini biasanya digunakan dalam pakaian dalam olahraga, dan kaos kaki. 

Mirip dengan poliester, polipropilen memiliki daya tahan yang luar biasa terhadap kerutan dan dapat memberikan kehangatan saat berolahraga dalam kondisi yang lebih dingin. 

3. Nilon

Nilon juga merupakan pilihan umum untuk membuat pakaian olahraga. Bahan ini lebih mudah kering, lembut, tahan terhadap jamur dan lumut, serta memiliki elastisitas yang sangat baik. 

Nilon merupakan bahan pokok dalam berbagai macam pakaian atletik, termasuk bra olahraga, tank top, kaos, celana pendek, legging, dan pakaian olahraga cuaca dingin.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai beberapa kelebihan bahan pakaian luar ruangan yang saat ini cukup populer. Dari beberapa pilihan bahan tersebut, Anda bisa mempertimbangkan mana bahan yang cukup unggul. Jangan lupa, karakteristik bahan sangat berpengaruh pada kenyamanan saat menggunakannya loh.

Nah jika anda ingin membuat baju kelas bisa banget bikin di KonveksidiJogja.co.id. Silahkan menghubungi CS Kami untuk info lebih lanjut atau untuk berkonsultasi terkait pakaian impianmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp chat