Kenali Undertone Kulit sebelum Memilih Pakaian!

Kenali Undertone Sebelum Memilih Pakaian
source: freepik.com

Mengetahui undertone kulitmu adalah langkah penting untuk memilih warna baju yang paling cocok dengan penampilanmu. Undertone mempengaruhi bagaimana warna pakaian terlihat pada kulitmu dan dapat membuat perbedaan besar pada penampilanmu secara keseluruhan. Artikel ini akan membahas apa itu undertone, mengapa penting untuk mengetahuinya, serta bagaimana memilih warna baju yang sesuai berdasarkan jenis undertone kamu.

Apa Itu Undertone?

Undertone adalah warna dasar yang muncul di bawah permukaan kulit dan mempengaruhi bagaimana penampilanmu secara keseluruhan. Ini berbeda dari warna kulit yang tampak di permukaan dan tidak berubah meskipun kulitmu terpapar sinar matahari atau faktor lainnya. Undertone tetap konsisten sepanjang hidupmu dan merupakan faktor kunci dalam menentukan warna yang paling sesuai untuk pakaian, makeup, dan aksesori. 

Ada tiga jenis utama undertone: cool (dingin), warm (hangat), dan neutral (netral). Masing-masing jenis undertone memiliki karakteristik yang unik dan mempengaruhi pilihan warna yang paling sesuai untuk kamu. 

Mengapa Penting Mengetahui Undertone?

Mengetahui undertone kulitmu sangat penting karena membantu kamu memilih warna yang paling sesuai untuk berbagai aspek dalam berpenampilan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting mengetahui undertone kulitmu. 

1. Memilih Warna Pakaian

Kenali Undertone Sebelum Memilih Pakaian
source: freepik.com

Memilih warna pakaian yang sesuai dengan undertone dapat membuat kulitmu terlihat lebih bercahaya. Warna yang cocok akan menonjolkan keindahan alami kulitmu, membuatnya tampak lebih hidup dan segar. Sebaliknya, warna yang tidak sesuai dapat membuat kulit tampak kusam atau pucat. 

Misalnya, jika kamu memiliki cool undertone, warna-warna seperti biru, ungu, dan pink akan cocok dan menambah kecerahan pada penampilanmu. Sementara itu, bagi yang memiliki warm undertone, warna-warna seperti kuning, merah, dan oranye akan lebih menonjolkan kehangatan kulitmu. 

2. Memilih Makeup 

Kenali Undertone Sebelum Memilih Pakaian
source: freepik.com

Produk makeup yang sesuai dengan undertone kulitmu akan menyatu dengan baik dan memberikan hasil akhir yang alami. Foundation, concealer, blush, dan eyeshadow yang dipilih berdasarkan undertone akan lebih harmonis dengan kulitmu, menghindari kesan ‘cakey’ atau kontras yang berlebihan. 

Misalnya, foundation dengan nuansa keemasan atau kuning akan lebih cocok untuk warm undertone, sementara foundation dengan nuansa merah muda atau kebiruan akan lebih cocok untuk cool undertone. 

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri 

Dengan mengetahui warna-warna yang paling cocok untuk kulitmu, kamu bisa tampil lebih percaya diri dan menarik dalam berbagai kesempatan. Saat kamu merasa nyaman dengan pilihan warna pakaian dan makeup, penampilanmu secara keseluruhan akan lebih baik. 

Kepercayaan diri yang meningkat ini bisa mempengaruhi cara kamu berinteraksi dengan orang lain dan bagaimana kamu menjalani aktivitas sehari-hari. Warna yang tepat dapat membuatmu merasa lebih berenergi dan positif.

Mengenal Apa Itu Cool Undertone?

Kulit dengan cool undertone memiliki nuansa warna dasar yang sejuk seperti biru, merah muda, atau ungu. Orang dengan cool undertone biasanya memiliki kulit yang tampak lebih pucat dan lebih mudah terbakar sinar matahari sebelum menjadi cokelat. 

Untuk mengenali apakah kamu memiliki cool undertone, ada beberapa ciri-ciri yang dapat diperhatikan. Berikut adalah tanda-tanda yang umum pada kulit dengan cool undertone: 

1. Pembuluh Darah 

Jika pembuluh darah di pergelangan tanganmu terlihat lebih biru atau ungu, kemungkinan besar kamu memiliki cool undertone. Warna pembuluh darah ini mencerminkan nuansa dingin yang ada di bawah kulitmu. 

2. Reaksi Terhadap Sinar Matahari 

Kulit dengan cool undertone biasanya lebih sensitif terhadap sinar matahari dan lebih mudah terbakar daripada berubah menjadi cokelat. Jika kulitmu cepat terbakar dan sulit untuk mendapatkan warna cokelat yang merata, ini bisa menjadi indikasi cool undertone. 

3. Cocok dengan Perhiasan Perak 

Orang dengan cool undertone biasanya lebih cocok mengenakan perhiasan perak. Jika kamu merasa bahwa perhiasan perak membuat kulitmu terlihat lebih segar dan bercahaya dibandingkan perhiasan emas, ini adalah tanda bahwa kamu memiliki cool undertone. 

4. Warna Kulit 

Warna dasar kulit dengan cool undertone cenderung memiliki nuansa kebiruan atau merah muda. Ini dapat terlihat jelas terutama di area yang lebih tipis kulitnya, seperti di sekitar mata atau di pergelangan tangan.

Mengenal Warm Undertone

Kulit dengan warm undertone memiliki nuansa warna dasar yang hangat seperti kuning, emas, atau peach. Orang dengan warm undertone biasanya memiliki kulit yang tampak lebih kuning atau emas dan lebih mudah berubah menjadi cokelat saat terpapar sinar matahari. 

Untuk mengenali apakah kamu memiliki warm undertone, ada beberapa ciri-ciri yang dapat diperhatikan. Berikut adalah tanda-tanda yang umum pada kulit dengan warm undertone: 

1. Pembuluh Darah 

Jika pembuluh darah di pergelangan tanganmu terlihat lebih hijau, kemungkinan besar kamu memiliki warm undertone. Warna pembuluh darah ini mencerminkan nuansa hangat yang ada di bawah kulitmu. 

2. Reaksi Terhadap Sinar Matahari 

Kulit dengan warm undertone biasanya lebih mudah berubah menjadi cokelat saat terpapar sinar matahari dan jarang mengalami sunburn. Jika kulitmu cepat berubah menjadi cokelat dan tetap tampak sehat setelah berjemur, ini bisa menjadi indikasi warm undertone. 

3. Cocok dengan Perhiasan Emas 

Orang dengan warm undertone biasanya lebih cocok mengenakan perhiasan emas. Jika kamu merasa bahwa perhiasan emas membuat kulitmu terlihat lebih bercahaya dibandingkan perhiasan perak, ini adalah tanda bahwa kamu memiliki warm undertone. 

4. Warna Kulit 

Warna dasar kulit dengan warm undertone cenderung memiliki nuansa kuning, emas, atau peach. Ini dapat terlihat jelas terutama di area yang lebih tipis kulitnya, seperti di sekitar mata atau di pergelangan tangan.

Pilihan Warna Baju yang Cocok untuk Cool Undertone

Jika kamu memiliki cool undertone, pemilihan warna baju yang tepat akan menonjolkan keindahan kulit dan meningkatkan pesonamu secara keseluruhan. Mari kita jelajahi beberapa warna yang akan melengkapi gaya penampilanmu dengan sempurna: 

1. Biru dan Navy

Warna Pakaian untuk Cool Undertone
source: freepik.com

Biru dan navy adalah pilihan yang sempurna untuk kamu dengan cool undertone. Warna-warna ini memberikan kesan sejuk dan harmonis, cocok untuk pakaian formal seperti blazer atau gaun. Biru klasik atau navy memberikan tampilan yang sophisticated dan profesional, membuatmu terlihat percaya diri di berbagai kesempatan. 

2. Ungu dan Lilac

Warna Pakaian untuk Cool Undertone
source: freepik.com

Ungu dan lilac memberikan nuansa misterius dan elegan pada penampilanmu. Warna-warna ini memperkuat nuansa dingin dalam kulitmu, menambah sentuhan yang anggun dan romantis pada gaya busanamu. Ungu yang dalam dapat memberikan tampilan yang dramatis, sementara lilac yang lebih lembut memberikan kesan yang manis dan lembut. 

3. Pink dan Fuchsia

Warna Pakaian untuk Cool Undertone
source: freepik.com

Pink dan fuchsia memberikan kesan cerah dan menyenangkan pada penampilanmu. Warna-warna ini memberikan kontras yang indah dan menambah kecerahan pada wajahmu. Pink cerah memberikan tampilan yang fresh dan youthful, sementara fuchsia memberikan kontras yang menarik dan menonjolkan keindahan kulitmu dengan sempurna. 

4. Hijau Zamrud

Warna Pakaian untuk Cool Undertone
source: freepik.com

Hijau zamrud dengan nuansa biru yang kuat sangat pas untuk kulit dengan cool undertone. Warna ini memberikan tampilan yang segar dan elegan, menciptakan penampilan yang menarik dan unik. Hijau zamrud sangat cocok untuk berbagai jenis pakaian, dari kasual hingga formal, dan akan menambah dimensi yang menarik pada penampilanmu. 

5. Putih 

Putih memberikan kesan yang bersih dan segar pada penampilanmu. Warna ini memberikan kontras yang menonjolkan keindahan kulitmu, cocok untuk berbagai kesempatan dari kasual hingga formal. Putih adalah warna yang sangat versatile dan dapat digunakan untuk berbagai jenis pakaian. 

6. Abu-abu dan Silver

Warna Pakaian untuk Cool Undertone
source: freepik.com

Abu-abu dan silver memberikan sentuhan modern dan chic pada penampilanmu. Warna-warna ini memberikan tampilan yang elegan dan bersahaja, cocok untuk pakaian formal maupun kasual. Abu-abu memberikan kesan yang tenang dan profesional, sedangkan silver memberikan kilau yang glamor dan futuristik. 

7. Teal dan Turquoise

Warna Pakaian untuk Cool Undertone
source: freepik.com

Teal dan turquoise memberikan nuansa yang segar pada penampilanmu. Warna-warna ini cocok untuk pakaian musim panas atau untuk menciptakan tampilan yang ceria dan dinamis. Teal memberikan kesan yang tenang dan damai, sementara turquoise memberikan kesan yang cerah dan ceria. 

8. Lavender dan Lavender Grey

Warna Pakaian untuk Cool Undertone
source: freepik.com

Lavender dan lavender grey memberikan sentuhan yang lembut dan feminin pada penampilanmu. Warna-warna ini cocok untuk pakaian yang santai namun tetap elegan. Lavender memberikan tampilan yang manis dan romantis, sedangkan lavender grey memberikan kesan yang tenang dan bersahaja. 

9. Dusty Rose dan Mauve

Warna Pakaian untuk Cool Undertone
source: freepik.com

Dusty rose dan mauve memberikan nuansa romantis dan manis pada penampilanmu. Warna-warna ini cocok untuk pakaian semi-formal atau untuk menciptakan tampilan yang lebih feminin dan anggun. Dusty rose memberikan kesan yang lembut dan manis, sementara mauve memberikan kesan yang anggun dan elegan. 

10. Slate Blue dan Periwinkle

Kenali Undertone Sebelum Memilih Pakaian
source: freepik.com

Slate blue dan periwinkle memberikan kesan yang tenang dan damai pada penampilanmu. Warna-warna ini cocok untuk pakaian sehari-hari yang nyaman namun tetap stylish. Slate blue memberikan tampilan yang elegan dan bersahaja, sedangkan periwinkle memberikan kesan yang cerah dan segar.

Baca juga: Mengenal Warna Khaki seperti Apa? Berikut Penjelasannya!

Pilihan Warna Baju yang Cocok untuk Warm Undertone

Bagi kamu yang memiliki warm undertone, pemilihan warna baju dapat menjadi kunci untuk meningkatkan kehangatan alami kulitmu dan menciptakan tampilan yang lebih menarik. Berikut adalah beberapa pilihan warna yang akan cocok dengan kehangatan undertonemu: 

1. Kuning Mustard

Warna Pakaian untuk Warm Undertone
source: freepik.com

Warna kuning mustard adalah pilihan yang sempurna untuk kamu dengan warm undertone. Kuning mustard memberikan kesan ceria dan enerjik pada penampilanmu. Warna ini dapat digunakan dalam berbagai kesempatan, mulai dari yang santai hingga formal. 

2. Merah Tomat

Warna Pakaian untuk Warm Undertone
source: freepik.com

Merah tomat dengan sedikit nuansa oranye adalah warna yang akan menonjolkan kecerahan kulitmu. Warna merah ini memberikan kesan yang kuat dan berani, cocok untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam berbagai situasi. 

3. Oranye dan Peach

Warna Pakaian untuk Warm Undertone
source: freepik.com

Oranye dan peach memberikan tampilan yang menyenangkan dan ramah. Warna-warna ini memperkuat kesan hangat pada penampilanmu, sehingga menciptakan tampilan yang cerah dan ceria. Mereka cocok untuk musim panas atau untuk menciptakan tampilan yang segar dan menyegarkan. 

4. Hijau Zaitun

Warna Pakaian untuk Warm Undertone
source: freepik.com

Hijau zaitun menambah kehangatan pada penampilanmu dan cocok dengan warna kulitmu. Warna hijau ini memberikan kesan yang alami dan elegan. Hijau zaitun dapat digunakan dalam berbagai kesempatan, baik itu untuk penampilan sehari-hari maupun untuk menambah aksen pada busana formal. 

5. Cokelat dan Krem

Warna Pakaian untuk Warm Undertone
source: freepik.com

Warna-warna netral seperti cokelat dan krem sangat cocok dengan warm undertone. Mereka memberikan tampilan yang klasik dan elegan, cocok untuk berbagai jenis pakaian dari kasual hingga formal. Cokelat dan krem adalah warna yang timeless dan dapat memberikan kesan yang santai namun tetap stylish. 

6. Maroon dan Terracotta

Warna Pakaian untuk Warm Undertone
source: freepik.com

Maroon dan terracotta memberikan nuansa hangat dan kaya pada penampilanmu. Warna-warna ini cocok untuk musim gugur atau untuk menciptakan tampilan yang berkelas dan anggun. Maroon dan terracotta memberikan kesan yang dramatis dan berani, cocok untuk acara-acara formal atau semi-formal. 

7. Emas 

Warna Pakaian untuk Warm Undertone
source: freepik.com

Emas memberikan kilau yang mewah dan berkelas pada penampilanmu. Warna ini cocok untuk acara formal atau untuk menambah aksen pada pakaian sehari-hari. Emas memberikan kesan yang elegan dan anggun, menciptakan penampilan yang menawan dan memikat. 

8. Camel dan Tan

Warna Pakaian untuk Warm Undertone
source: freepik.com

Camel dan tan memberikan kesan yang elegan dan timeless pada penampilanmu. Warna-warna ini cocok untuk berbagai kesempatan, mulai dari kerja hingga santai di akhir pekan. Camel dan tan adalah warna yang serbaguna dan dapat memberikan kesan yang hangat dan ramah pada penampilanmu. 

9. Terracotta 

Warna Pakaian untuk Warm Undertone
source: freepik.com

Terracotta memberikan tampilan yang bersemangat dan ramah pada penampilanmu. Warna ini cocok untuk musim panas atau untuk menciptakan tampilan yang menyenangkan dan cerah. Terracotta memberikan kesan yang bersemangat dan enerjik serta menciptakan penampilan yang ceria dan dinamis. 

10. Burgundy dan Rust

source: freepik.com

Burgundy dan rust memberikan nuansa yang dalam dan berani pada penampilanmu. Warna-warna ini cocok untuk musim gugur atau untuk menambah dimensi pada pakaian formal. Burgundy dan rust memberikan kesan yang dramatis dan anggun, cocok untuk acara-acara khusus atau untuk menambah aksen pada penampilan sehari-hari.

Kesimpulan

Mengetahui undertone kulitmu adalah kunci paling penting untuk memilih warna baju yang tepat dan meningkatkan penampilanmu. Cool undertone cenderung cocok dengan warna-warna sejuk seperti biru, ungu, dan pink, sementara warm undertone lebih cocok dengan warna-warna hangat seperti kuning, merah, dan oranye. 

Dengan memahami undertone kamu, kamu dapat membuat pilihan fashion yang lebih tepat, membuat kulitmu terlihat lebih bercahaya, dan meningkatkan rasa percaya diri dalam setiap kesempatan. Jika kamu membutuhkan referensi terkait mix and match outfit ataupun hal-hal yang berkaitan dengan fashion, kamu dapat mengunjungi KonveksidiJogja.co.id. Artikel kami banyak membahas mengenai fashion, dan jika kamu ingin membuat baju secara custom, silahkan hubungi CS Kami untuk melakukan detail pemesanan dan konsultasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp chat