Mengenal Warna Khaki Seperti Apa? Berikut Penjelasannya!

Jenis Warna Khaki
source: pinterest.com

Warna khaki adalah salah satu warna netral paling serbaguna dan populer dalam dunia fashion. Dengan nuansa cokelat kekuningan atau hijau pucat, khaki mampu menciptakan tampilan yang elegan dan praktis. 

Artikel ini akan mengajak Anda untuk lebih mengenal warna khaki, mulai dari asal usulnya yang menarik, jenis-jenisnya, hingga cara memadukannya dalam busana sehari-hari. Selain itu, kita juga akan membahas perbedaan warna khaki dengan warna mocca dan beige, sehingga Anda dapat memahami lebih baik karakteristik dan penggunaan masing-masing warna dalam dunia fashion. 

Simak selengkapnya dalam ulasan di bawah ini!

Asal Usul Warna Khaki 

Warna Khaki
source: pinterest.com

Kata “khaki” berasal dari bahasa Persia “khāk,” yang berarti “debu” atau “tanah.” Warna khaki pertama kali diperkenalkan pada pertengahan abad ke-19 oleh tentara Inggris di India. Pada tahun 1848, Sir Harry Lumsden, seorang perwira dalam British Indian Army, mengadopsi seragam berwarna khaki untuk pasukannya. Dia menginstruksikan para prajurit untuk mencelupkan seragam putih mereka ke dalam lumpur dan debu untuk menciptakan kamuflase yang lebih baik di medan perang. Hasilnya adalah warna cokelat kekuningan yang dikenal sebagai khaki.

Setelah diperkenalkan oleh Lumsden, penggunaan warna khaki dalam militer segera menyebar. Pada tahun 1884, pasukan Inggris secara resmi mengadopsi seragam khaki untuk semua tentara di India.
Selama Perang Boer (1899-1902), warna khaki terbukti sangat efektif dalam memberikan kamuflase di medan perang Afrika Selatan. Akhirnya, selama Perang Dunia I, tentara Inggris dan sekutu mereka mengenakan seragam khaki, menggantikan seragam merah mencolok yang digunakan sebelumnya. Setelah keberhasilannya dalam militer, warna khaki mulai diadopsi oleh masyarakat sipil.

Pada tahun 1950-an dan 1960-an, celana khaki menjadi bagian penting dari pakaian kasual pria. Celana khaki menawarkan alternatif yang lebih ringan dan nyaman dibandingkan dengan celana wol tradisional.Hingga hari ini, warna khaki tetap populer dan serbaguna dalam industri fashion. Desainer modern sering menggunakan khaki dalam koleksi mereka, baik dalam pakaian kasual maupun formal. Warna ini sering digunakan dalam berbagai item fashion seperti celana, jaket, rok, dan aksesori.

Jenis-Jenis Warna Khaki

Warna khaki memiliki berbagai variasi yang dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan estetika. Berikut adalah beberapa jenis warna khaki yang umum digunakan:

1. Classic Khaki

Jenis Warna Khaki
source: pinterest.com

Classic khaki adalah warna dasar khaki yang paling dikenal. Warna ini memiliki tone beige atau krem yang lembut dan netral. Classic khaki sering digunakan dalam pakaian formal dan seragam militer karena tampilannya yang bersih dan serbaguna.

2. Light Khaki

Jenis Warna Khaki
source: pinterest.com

Light khaki memiliki nuansa yang lebih terang dibandingkan classic khaki. Warna ini mendekati warna putih pucat dengan sentuhan krem yang sangat lembut. Light khaki cocok untuk digunakan pada musim panas karena memberikan kesan yang sejuk dan ringan.

3. Dark Khaki

Jenis Warna Khaki
source: pinterest.com

Dark khaki adalah versi lebih gelap dari classic khaki. Warna ini cenderung memiliki campuran antara cokelat dan hijau, memberikan tampilan yang lebih hangat dan kokoh. Dark khaki sering digunakan dalam pakaian luar ruangan dan celana kargo.

4. Cream Khaki

Jenis Warna Khaki
source: pinterest.com

Cream khaki adalah warna khaki yang dicampur dengan nuansa krem atau putih gading. Warna ini memberikan tampilan yang elegan dan cerah, cocok untuk digunakan dalam pakaian formal atau semi-formal.

5. Brown Khaki

Jenis Warna Khaki
source: pinterest.com

Brown khaki menggabungkan warna khaki dengan nuansa cokelat yang lebih kuat. Warna ini memberikan tampilan yang hangat dan alami, sering digunakan dalam desain interior yang ingin menonjolkan kesan rustic atau alami.

6. Gray Khaki

Jenis Warna Khaki
source: pinterest.com

Gray khaki adalah campuran antara warna khaki dan abu-abu. Warna ini memberikan kesan modern dan elegan, sering digunakan dalam desain interior minimalis dan pakaian bisnis kasual.

7. Sandy Khaki

Sandy khaki memiliki nuansa seperti pasir pantai dengan sentuhan warna krem dan beige. Warna ini sangat cocok untuk pakaian musim panas dan desain interior yang ingin menonjolkan tema pantai atau tropis.

8. Green Khaki

Jenis Warna Khaki
source: pinterest.com

Green khaki adalah warna khaki yang dicampur dengan nuansa hijau. Warna ini sering digunakan dalam seragam militer dan pakaian luar ruangan karena kemampuannya untuk menyatu dengan lingkungan alam.

9. Yellow Khaki

Jenis Warna Khaki
source: pinterest.com

Yellow khaki memiliki sentuhan warna kuning yang lembut, memberikan tampilan yang cerah dan ceria. Warna ini cocok untuk pakaian kasual dan aksesoris yang ingin menonjolkan kesan energik dan segar.

10. Olive Khaki

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Olive khaki adalah campuran antara warna khaki dan hijau zaitun. Warna ini memberikan tampilan yang tenang dan alami, sering digunakan dalam pakaian luar ruangan dan desain interior yang ingin menciptakan kesan alami.

Baca juga: Warna Misty Seperti apa? Berikut Penjelasannya!

Cara Memadukan Warna Khaki

Warna khaki adalah salah satu warna yang serbaguna dan mudah dipadukan dalam dunia fashion. Kehadirannya yang netral membuatnya cocok untuk berbagai kesempatan, dari busana sehari-hari hingga pakaian formal. Berikut adalah 20 cara kreatif untuk memadukan warna khaki dalam gaya pakaian Anda:

1. Khaki dengan Putih

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Padukan celana khaki dengan kemeja atau kaos putih untuk tampilan yang bersih dan minimalis. Warna putih memberikan kontras yang menarik dengan khaki, sehingga menciptakan tampilan yang segar dan bersih. Sepatu sneakers putih atau sepatu kanvas merupakan pilihan yang sempurna untuk gaya kasual.

2. Khaki dengan Hitam

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Kombinasikan celana khaki dengan atasan hitam untuk menciptakan kontras yang elegan dan modern. Pilih sepatu atau aksesori hitam untuk menyempurnakan tampilan. Kombinasi khaki dan hitam memberikan kesan yang chic dan klasik. Sepatu boots atau sepatu oxford hitam dapat menambahkan sentuhan formal pada outfit Anda.

3. Kemeja Denim dan Celana Khaki

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Padukan celana khaki dengan kemeja denim untuk gaya yang kasual dan stylish. Ini adalah kombinasi yang sempurna untuk acara santai di luar ruangan. Kemeja denim memberikan tampilan yang effortless dan kasual. Kemudian, pilih sepatu sneakers atau boots untuk tampilan yang santai namun tetap stylish.

4. Atasan Warna Pastel

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Padukan celana khaki dengan atasan dalam warna pastel seperti pink muda atau biru muda untuk tampilan yang lembut dan feminin. Warna pastel memberikan tampilan yang manis dan menyegarkan. Sandal atau sepatu espadrilles dengan warna yang serupa dapat melengkapi tampilan yang girly.

5. Kemeja Garis-Garis

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Padukan celana khaki dengan kemeja garis-garis untuk menambahkan dimensi visual pada outfit Anda. Pastikan warna garis-garisnya tidak terlalu mencolok. Kemeja garis-garis memberikan tampilan yang stylish dan kasual. Pilih sepatu loafers atau sepatu boat shoes untuk tampilan yang preppy dan santai.

6. Blazer Navy dan Celana Khaki

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Kombinasikan celana khaki dengan blazer navy untuk tampilan yang klasik dan elegan. Blazer navy memberikan tampilan yang polished dan profesional. Sepatu oxford, pantofel, loafer, atau monk strap dapat menambahkan sentuhan formal pada outfit Anda.

7. Sweater Merah Marun

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Padukan celana khaki dengan sweater merah marun untuk tampilan yang hangat dan nyaman. Sepatu boots atau sepatu sneakers dengan warna yang serupa dapat melengkapi tampilan yang casual namun tetap stylish.

8. Atasan Polos Berwarna Terang

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Padukan celana khaki dengan atasan polos berwarna terang seperti kuning atau hijau untuk tampilan yang ceria dan menyegarkan. Warna terang memberikan tampilan yang energik dan cerah. Sneakers atau sepatu slip-on dalam warna yang serupa dapat menambahkan sentuhan yang playful pada outfit Anda.

9. Romper Khaki

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Pilih romper khaki untuk tampilan yang santai namun stylish di musim panas. Romper khaki memberikan tampilan yang casual dan nyaman. Sandal jepit, sandal gladiator, atau sepatu espadrilles akan menciptakan tampilan yang santai namun stylish.

10. Maxi Dress Khaki

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Pilih maxi dress dengan warna khaki untuk tampilan yang chic dan elegan. Padukan dengan aksesori emas untuk sentuhan glamor. Maxi dress khaki memberikan tampilan yang anggun dan feminin. Sandal heels atau sepatu wedges akan melengkapi tampilan yang glamor dan elegan.

11. Blouse Floral dengan Celana Khaki

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Padukan celana khaki dengan blouse floral untuk tampilan yang feminin dan anggun di musim semi. Blouse floral memberikan tampilan yang girly dan romantis. Sepatu flat atau sandal slingback akan menambahkan sentuhan yang feminin pada outfit Anda.

12. Celana Khaki Bermotif

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Pilih celana khaki dengan motif seperti polka dots atau motif houndstooth untuk tampilan yang unik dan menarik. Celana khaki bermotif memberikan tampilan yang playful dan stylish. Sepatu loafers atau sepatu flat dengan warna yang netral akan menyeimbangkan tampilan yang bermotif pada outfit Anda.

13. Outerwear Hitam dengan Celana Khaki

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Padukan celana khaki dengan jaket atau mantel hitam untuk tampilan yang edgy dan modern. Outerwear hitam memberikan tampilan yang sleek dan stylish. Sepatu boots atau sneakers hitam akan menambahkan sentuhan yang urban pada outfit Anda.

14. Celana Khaki dengan Sweater Rajut

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Padukan celana khaki dengan sweater rajut untuk tampilan hangat dan casual di musim hujan yang dingin. Sepatu boots atau sepatu sneakers dengan warna yang serupa akan melengkapi tampilan yang cozy dan stylish.

15. Atasan Putih Bersih dengan Celana Khaki

Padukan celana khaki dengan atasan putih bersih untuk tampilan yang timeless dan elegan. Atasan putih bersih memberikan tampilan yang clean dan chic. Sepatu loafers atau sepatu flat dengan warna yang netral akan menambahkan kesan yang polished pada outfit Anda.

16. Blouse Warna Pastel dengan Celana Khaki

Padukan celana khaki dengan blouse warna pastel seperti lavender atau mint untuk tampilan menyegarkan. Blouse warna pastel memberikan tampilan yang soft dan feminine. Sepatu ballet flats atau sandal dengan warna yang serupa akan menciptakan tampilan yang lebih girly dan sweet.

17. Kemeja Chambray dan Celana Khaki

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Padukan celana khaki dengan kemeja chambray untuk tampilan yang santai dan stylish di lingkungan panas. Sepatu slip-on atau sneakers dengan warna yang netral akan menambahkan kesan casual pada outfit Anda.

18. Atasan Crop dengan Celana Khaki High-Waisted

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Padukan celana khaki high-waisted dengan atasan crop untuk tampilan yang trendi dan modern. Celana khaki high-waisted memberikan siluet yang elegan dan menonjolkan pinggang Anda. Sepatu heels atau sepatu sandal dengan hak akan menambahkan kesan sleek dan stylish pada outfit Anda.

19. Kardigan Warna Netral dengan Celana Khaki

Mix and Match Outfit Khaki
source: pinterest.com

Padukan celana khaki dengan kardigan warna netral seperti abu-abu atau krem untuk tampilan yang cozy dan chic. Kardigan warna netral memberikan tampilan yang effortless dan versatile. Sepatu boots atau sneakers dengan warna netral akan menambahkan kesan yang casual pada outfit Anda.

20. Dress Shirt Putih dan Celana Khaki

Kombinasikan celana khaki dengan dress shirt putih untuk tampilan formal, tapi tetap stylish. Dress shirt putih memberikan tampilan yang clean dan polished. Sepatu oxford atau sepatu formal dengan warna yang netral akan menambahkan kesan yang elegan pada outfit Anda.

Perbedaan Warna Khaki dan Mocca

Warna memainkan peran penting dalam dunia fashion dan desain interior, menciptakan suasana dan menentukan estetika. Dua warna yang sering dibandingkan adalah khaki dan mocca. 

Meskipun keduanya netral dan serbaguna, ada perbedaan mendasar yang membuat masing-masing warna unik. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan antara warna khaki dan mocca.

1. Nuansa Warna

Khaki adalah warna netral yang umumnya memiliki nuansa beige, krem, dan hijau. Warna ini sering dikaitkan dengan suasana yang tenang dan alami. 

Di sisi lain, mocca terinspirasi dari warna cokelat dengan sentuhan merah atau oranye, memberikan kesan yang lebih hangat dan dalam. Perbedaan dalam nuansa ini menghasilkan karakteristik visual yang berbeda antara kedua warna tersebut.

2. Kesan Visual

Khaki memberikan tampilan yang netral, tenang, dan serbaguna. Warna ini sering digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari pakaian kasual hingga seragam militer, karena kemampuannya untuk menyatu dengan lingkungan alam. 

Sementara itu, mocca memberikan kesan yang lebih hangat, mewah, dan mengundang. Warna ini sering digunakan dalam desain interior yang ingin menonjolkan keanggunan dan kenyamanan.

3. Penggunaan

Khaki memiliki aplikasi yang luas dalam dunia fashion dan desain, sering digunakan dalam pakaian kerja, pakaian kasual, serta seragam militer. Warna ini serbaguna dan cocok untuk berbagai situasi.

Di sisi lain, mocca lebih sering ditemukan dalam desain interior mewah, furniture, dan fashion yang lebih formal. Penggunaan mocca cenderung menonjolkan kesan kemewahan dan keanggunan, sehingga sering digunakan dalam konteks yang menghargai estetika yang lebih elegan.

Perbedaan Warna Khaki dan Beige

Dalam dunia fashion dan desain interior, perbedaan antara warna khaki dan beige sering menjadi subjek perdebatan. Meskipun keduanya termasuk dalam kategori warna netral, mereka memiliki karakteristik yang berbeda yang memengaruhi bagaimana mereka digunakan dan dipersepsikan. Berikut adakah perbedaan mendasar antara warna khaki dan beige.

1. Nuansa Warna

Perbedaan pertama antara khaki dan beige terletak pada nuansa warna masing-masing. Khaki umumnya memiliki nuansa yang lebih hijau atau cokelat, sering kali diilhami oleh warna alam seperti tanah atau daun.

Di sisi lain, beige cenderung memiliki nuansa yang lebih netral dan krem, kadang-kadang dengan sentuhan kuning atau merah muda. Perbedaan ini menciptakan karakteristik visual yang berbeda antara keduanya.

2. Kesan Visual

Khaki sering dikaitkan dengan kesan yang lebih kasual, maskulin, dan serbaguna. Warna ini sering digunakan dalam pakaian kerja kasual, celana kargo, dan desain militer karena kemampuannya untuk menyatu dengan lingkungan alam dan memberikan tampilan yang bersih. 

Di sisi lain, beige memberikan kesan yang lebih elegan, lembut, dan feminin. Warna ini sering digunakan dalam desain interior yang ingin menciptakan suasana yang tenang dan rileks, serta dalam pakaian semi-formal atau formal.

3. Penggunaan

Perbedaan dalam kesan visual juga memengaruhi penggunaan praktis kedua warna ini. Khaki cenderung lebih serbaguna dan cocok untuk berbagai situasi, mulai dari pakaian sehari-hari hingga desain interior yang lebih kasual. Warna ini juga sering digunakan dalam desain luar ruangan dan olahraga karena daya tahan dan kesan yang sporty. 

Di sisi lain, beige sering digunakan dalam konteks yang menghargai estetika yang lebih elegan dan mewah. Warna ini sering ditemukan dalam desain interior ruang tamu, kamar tidur, dan pakaian formal.

Nah, itu dia penjelasan mengenai warna khaki. Mulai dari asal-usul, jenis warna, serta cara memadupadankan hingga perbedaannya dengan warna beige. Menarik bukan?

Artikel kami banyak membahas terkait dunia fashion. Terinspirasi oleh artikel kami tentang warna khaki? Mari wujudkan ide dan keinginan itu menjadi kenyataan! CS kami siap membantu Anda dalam setiap langkahnya. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang dan pesan pakaian impianmu hanya pada KonveksidiJogja.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp chat