Kelebihan dan Kekuangan Bahan Hyget

Bahan Hyget
source: freepik.com

Bahan hyget merupakan tekstil campuran yang banyak digunakan untuk pembuatan kaus. Bahan ini dikenal karena harganya yang relatif murah daripada jenis kain lain. 

Simak penjelasan di bawah ini untuk lebih memahami!

Apa Itu Bahan Hyget?

Bahan hyget adalah jenis kain yang memadukan serat katun dan polyester. Popularitasnya terus meningkat karena harganya relatif lebih murah dari berbagai jenis kain lainnya. 

Hal ini juga membuat banyak industri konveksi yang menggunakan bahan hyget sebagai bahan utama pembuatan berbagai produk pakaian. Tujuannya untuk meningkatkan minat beli masyarakat kelas menengah. 

Bahan hyget biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan kaus promosi, kaus partai, kaus event, kaus bola, rok, celana, jilbab, dan masih banyak lagi. Meskipun tergolong murah, bukan berarti kualitasnya buruk. Sebab, bahan hyget mempunyai beberapa karakteristik yang membuatnya lebih unggul dari jenis kain lain.

Keunggulan Bahan Hyget

Bahan Hyget memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya populer di industri tekstil sebagai bahan pembuatan kaus. Berikut adalah beberapa ciri khas dari bahan hyget: 

1. Tahan Luntur

Serat poliester cenderung lebih tahan luntur daripada serat kapas. Ini berarti bahan hyget dapat mempertahankan warnanya lebih baik selama pemakaian dan pencucian berulang. 

2. Tahan Kerutan

Bahan hyget memiliki kecenderungan lebih tahan kerutan daripada kaus yang terbuat sepenuhnya dari kapas. 

3. Cepat Kering

Bahan hyget memiliki daya serap yang lebih rendah daripada bahan katun, sehingga akan kering lebih cepat setelah dicuci. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk pakaian olahraga atau aktivitas luar ruangan dengan potensi banyak keringat. 

4. Awet dan Tahan Lama 

Campuran poliester dan kapas memberikan keawetan dan ketahanan terhadap keausan. Bahan hyget umumnya dapat mempertahankan kualitasnya lebih lama. 

5. Ringan

kaus hyget lebih ringan dari kaus katun, sehingga memberikan kenyamanan ekstra bagi pemakainya. 

6. Harga Terjangkau

Harga bahan hyget umumnya lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa bahan pakaian lainnya, membuatnya populer di berbagai segmen pasar.

Baca juga: Ini dia 20 Jenis Bahan Kain yang Perlu Diketahui

Kekurangan Bahan Hyget

Meskipun memiliki banyak kelebihan, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

1. Kurang Nyaman

Meskipun kaus hyget umumnya nyaman, beberapa orang mungkin merasa bahwa kelembutan kapas murni lebih memberikan kenyamanan. Beberapa individu dengan kulit sensitif atau alergi mungkin lebih memilih pakaian yang terbuat sepenuhnya dari serat alami.

2. Kurang Sejuk

Poliester memiliki daya serap yang lebih rendah daripada kapas, sehingga kaus hyget tidak memberikan sirkulasi udara sebaik kaus yang terbuat sepenuhnya dari kapas. Hal ini bisa membuat pemakai merasa lebih panas terutama dalam cuaca panas atau saat beraktivitas fisik.

3. Kurang Efektif dalam Menyerap Keringat

Poliester memiliki daya serap yang rendah dibandingkan kapas, sehingga kaus hyget kurang efektif dalam menyerap keringat selama aktivitas fisik intensif.

4. Tidak Ramah Lingkungan

Poliester membutuhkan waktu yang lama untuk terurai di lingkungan. Ini berarti kaus hyget tidak se-“ramah lingkungan” seperti pakaian yang terbuat sepenuhnya dari serat alami.

Baca juga: Karakteristik Bahan Spandek, Tekstil Paling Elastis di Dunia

Tips Merawat Bahan Hyget

Merawat bahan hyget dengan benar dapat membantu mempertahankan kualitasnya dan memperpanjang umur pakaian. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat bahan hyget:

  • Cuci kaus hyget dengan air dingin atau hangat. 
  • Gunakan pengaturan pencucian yang lembut untuk menghindari gesekan berlebihan dan kerusakan serat. 
  • Pilih deterjen yang lembut dan tidak mengandung pemutih berlebihan, karena poliester dapat bereaksi dengan bahan kimia yang keras. 
  • Jangan mengisi mesin cuci terlalu penuh agar kaus memiliki cukup ruang untuk bergerak dan dicuci secara merata. 
  • Keringkan bahan hyget dengan cara menggantungkannya daripada menggunakan pengering, karena panas tinggi dapat merusak serat poliester. 
  • Jika perlu menyetrika, gunakan suhu rendah. Poliester dapat meleleh jika terkena panas tinggi. 
  • Hindari menggantung kaus hyget terlalu sering, karena hal ini dapat menyebabkan benang regang dan merusak bentuknya. 
  • Simpan kaus di tempat yang kering dan hindari paparan sinar matahari langsung, karena dapat menyebabkan pucat pada warna.

Demikian pembahasan seputar bahan hyget. Meski tergolong murah dan memiliki beragam kelebihan. bahan ini juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Oleh karenanya, pilihlah kain dengan bijak sebelum membeli. Terlebih, bahan hyget ini banyak digunakan sebagai kaos komunitas.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik membuat pakaian dengan bahan hyget? Jika ya, Anda dapat mengunjungi Konveksidijogja.co.id atau mengontak CS Kami untuk informasi lebih lanjut atau untuk keperluan konsultasi terakit baju impian. Yuk pesan sekarang tanpa ragu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp Chat Admin