Thread Count
source: freepik.com

Thread count adalah istilah yang sering digunakan dalam produk tekstil, seperti linen, katun, atau sutra. Meskipun istilah ini cukup familiar, tidak semua orang memahami definisinya dengan benar dan mengetahui bagaimana metode ini mampu menunjukkan kualitas kain. Simak artikel berikut untuk mengungkap informasi lebih detail.

Apa Itu Thread Count?

Thread count adalah ukuran yang digunakan untuk menentukan seberapa rapat benang pada satu inci persegi kain dalam produk tekstil seperti linen, katun, atau sutra. Pengukuran ini melibatkan jumlah benang horizontal (warp) dan benang vertikal (weft) yang terdapat dalam satu inci persegi kain. Misalnya, jika kain memiliki 100 benang horizontal dan 100 benang vertikal per inci persegi, maka thread count-nya adalah 200. 

Thread count sering digunakan sebagai indikator kualitas dan kelembutan kain. Beberapa orang beranggapan bahwa semakin tinggi thread count, semakin lembut dan berkualitas tinggi kain tersebut. Namun, penting diingat bahwa ia tidak menjadi salah satu faktor untuk menilai kualitas suatu kain. Kualitas serat, metode tenun, dan jenis bahan juga memainkan peran penting dalam menentukan kelembutan dan daya tahan kain. 

Thread count memang memberikan petunjuk tentang kepadatan benang dalam kain, tapi tidak mencerminkan mutu secara keseluruhan. Oleh karena itu, konsumen sebaiknya memperhatikan faktor lain saat memilih produk tekstil, seperti jenis serat, metode pengolahan, teknik penenunan, dan merek untuk memberikan gambaran lebih lengkap tentang kualitas.

Baca juga: 40 Alat Jahit dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Jumlah Thread Count pada Berbagai Jenis Kain

Thread count adalah faktor penting dalam menilai kualitas kain, terutama dalam kategori linen dan katun. Namun, jenis serat, metode tenun, dan jenis kain juga berperan penting. Berikut adalah beberapa jenis kain yang umum digunakan dan bagaimana thread count mempengaruhi kualitasnya:

1. Katun Percale

Katun percale memiliki thread count antara 200-400. Kain ini ringan, lembut, dan memiliki tampilan yang halus. Ini cocok untuk konsumen yang mencari kain dengan kenyamanan tinggi dan tahan lama. 

2. Katun Sateen

Katun sateen memiliki thread count yang lebih tinggi, umumnya di atas 400. Kain ini memiliki kilau halus dan permukaan yang licin. Meskipun mewah, beberapa orang merasa bahwa sateen kurang tahan lama dibandingkan percale.

3. Linen Standar

Linen biasanya memiliki thread count yang lebih rendah daripada katun, tetapi masih dianggap lebih berkualitas dari jenis kain lain. Jumlahnya berkisar antara 80-150. Linen terkenal dengan kekuatannya dan sirkulasi udara yang baik, sehingga cocok untuk cuaca hangat.

Baca juga: Rumus Menghitung Kebutuhan Kain untuk Kaos

4. High Thread Count Linen

Beberapa produsen menawarkan linen dengan thread count lebih tinggi, bisa mencapai angka 200 atau lebih. Jenis kain ini mempunyai tekstur yang lebih lembut, tanpa kehilangan sirkulasi udara yang baik.

5. Sutra 

Thread count pada kain sutra diukur dengan cara yang sedikit berbeda daripada pada kain katun atau linen. Sutra biasanya diukur dengan menggunakan satuan yang disebut “momme” atau “mm,” yang merujuk pada berat kain sutra per area tertentu. 

Satu momme setara dengan berat kain sutra sebesar 4.340 gram per persegi meter. Sebagai contoh, kain sutra dengan berat 16 momme berarti berat kain tersebut adalah sekitar 69.44 gram per meter persegi.

Kain sutra umumnya memiliki rentang momme antara 6 hingga 30. Kain dengan momme rendah, seperti 6 hingga 12, dianggap tipis dan ringan, cocok untuk pakaian musim panas. Sementara itu, kain sutra dengan momme tinggi, seperti 19 hingga 30, lebih tebal dan sering digunakan untuk pakaian formal atau produk tekstil berkualitas tinggi.

Itu dia penjelasan mengenai thread count. Meskipun berguna untuk menunjukkan kualitas kain berdasarkan kepadatan benang dalam kain, bukan berarti ini menjadikannya sebagai patokan utama. Sebagai pembeli, Anda juga perlu memerhatikan beberapa faktor lainnya seperti jenis serat, metode pengolahan, dll.

Jika Anda sedang berencana membuat pakaian secara custom, Anda dapat memercayakannya pada Konveksidijogja.co.id. Kami siap melayani pembuatan pakaian custom sesuai keinginan Anda. Silahkan kontak CS Kami untuk melakukan pemesanan sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp Chat Admin