Apa Itu Light Academia Style? Ini Palet Warna dan Inspirasi OOTD-nya

Apa Itu Light Academia Style? Ini Palet Warna dan Inspirasi OOTD-nya source: freepik.com[/caption]

Dalam dunia mode, tren dan gaya sering kali berkembang dari akar budaya, sejarah, dan berbagai elemen estetika yang mendalam. Di antara berbagai tren yang muncul, light academia kembali mencuri perhatian dengan pesonanya yang unik. 

Gaya ini mengajak kita untuk mengeksplorasi kembali nuansa klasik, romantis, dan intelektual dengan sentuhan modern yang lembut. Light academia tidak hanya sekadar tentang pakaian, tetapi juga tentang cara kita melihat dunia, dengan fokus pada keindahan, kehangatan, dan kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari. 

Mari kita jelajahi lebih jauh apa yang membuat light academia begitu istimewa dan bagaimana kita bisa mengadopsinya dalam gaya hidup dan fashion kita.

Apa Itu Light Academia Style?

Apa Itu Light Academia Style? Ini Palet Warna dan Inspirasi OOTD-nya source: freepik.com[/caption]

Terinspirasi dari estetika universitas ternama seperti Ivy League, light academia berusaha mencerminkan keanggunan preppy dengan sentuhan lembut dan optimis, yang terlihat melalui gambar arsitektur klasik dan elemen dekorasi, gaya hidup, dan mode.

Light academia mendapatkan inspirasinya dari sastra romantis klasik, yang menyampaikan kepekaan, kebahagiaan, motivasi, persahabatan, romansa, dan akhir yang bahagia. Secara visual, estetika ini didominasi oleh warna-warna netral dan earthy, termasuk beige, krem, cokelat muda, gading, putih, dan warna-warna lembut yang redup.

Apa Itu Light Academia Fashion?

Apa Itu Light Academia Style? Ini Palet Warna dan Inspirasi OOTD-nya source: freepik.com[/caption]

Fashion light academia bergantung pada palet warna lembut yang mencakup nada earthy dan netral, kain alami, rajutan, serta berbagai macam kain tartan. Terinspirasi oleh kode berpakaian intelektual dan sastra klasik, baik untuk pakaian santai, sekolah, maupun kerja. Gaya ini menampilkan berbagai elemen mulai dari blazer, mutiara dan bros, rompi wol, kemeja berkancing, mantel pea dan duffle, tas saddle dan tote, baret, rok tartan, dan elemen preppy lainnya.

Palet Warna Light Academia

Warna memiliki peran yang sangat penting dalam estetika light academia. Sesuai dengan namanya, ‘light’ menekankan preferensi terhadap nuansa yang lebih terang dan lembut. Berikut adalah beberapa palet warna khas light academia style.

1. Putih

Warna putih adalah warna murni yang paling terang. Dalam konteks light academia, putih melambangkan kemurnian, kebersihan, dan kesederhanaan. Warna ini sering digunakan sebagai dasar atau latar belakang yang membuat warna lainnya lebih menonjol.

2. Ivory, Champagne, dan Warna Off-White Lainnya

Palet Warna Light Academia Style source: freepik.com[/caption]

Ivory adalah warna putih dengan sedikit sentuhan kuning atau krem, sedangkan champagne memiliki sedikit nuansa keemasan. Warna off-white lainnya termasuk variasi lembut dari putih yang memiliki sedikit nuansa lain.

Warna-warna ini memberikan sentuhan hangat dan elegan, mengurangi kekakuan yang mungkin ada pada putih murni. Mereka sering digunakan untuk menambah kedalaman dan kelembutan pada palet, menciptakan nuansa yang lebih hangat dan ramah.

3. Beige dan Taupe

Palet Warna Light Academia Style source: freepik.com[/caption]

Beige adalah warna netral yang sedikit kecoklatan, sedangkan taupe adalah campuran abu-abu dan coklat. Warna-warna ini menciptakan rasa kedamaian dan kenyamanan. Mereka sering digunakan dalam pakaian dan dekorasi untuk memberikan suasana yang natural dan hangat, mencerminkan elemen bumi yang menenangkan.

4. Abu-Abu 

Warna abu-abu menambah keseimbangan dan ketenangan pada palet. Mereka digunakan untuk memberikan variasi tanpa mengurangi kelembutan estetika light academia, sering ditemukan pada pakaian formal atau aksesori yang elegan.

5. Khaki dan Dusty Green

Palet Warna Light Academia Style source: freepik.com[/caption]

Khaki adalah warna coklat muda dengan sedikit hijau, sementara dusty green adalah hijau yang sedikit keabu-abuan. Warna-warna ini membawa elemen alam ke dalam estetika, memberikan rasa sejuk dan segar. Mereka sering digunakan dalam pakaian kasual atau elemen dekoratif yang mengingatkan pada alam dan ketenangan.

6. Dusty Pink

Palet Warna Light Academia Style source: freepik.com[/caption]

Dusty pink adalah merah muda dengan sedikit abu-abu atau coklat. Warna ini menambah sentuhan romantis dan feminin pada palet. Ini digunakan untuk memberikan kehangatan dan kelembutan, sering ditemukan pada pakaian, aksesori, dan dekorasi yang elegan dan manis.

7. Maroon dan Cokelat Tua

Warna-warna ini memberikan kontras yang diperlukan dalam palet light academia. Mereka menambah kedalaman dan keanggunan, sering digunakan pada elemen pakaian atau aksesori yang lebih formal dan klasik.

Baca juga: Fashion Grunge Style: Sejarah, Jenis, dan Inspirasi OOTD

5 Inspirasi OOTD Light Academia

Estetika light academia memadukan elemen klasik, vintage, dan intelektual dengan sentuhan modern yang romantis. Berikut adalah lima inspirasi OOTD yang dapat Anda coba untuk menciptakan tampilan light academia yang unik dan elegan.

1. Blazer Tartan, Rok Midi, Kemeja Poplin, dan Loafers

Referensi OOTD Light Academia Style source: freepik.com[/caption]

Untuk tampilan pertama, pilih kemeja poplin dengan warna netral seperti putih atau biru muda. Kemeja ini memberikan kesan bersih dan rapi, sangat cocok untuk gaya light academia. 

Padukan dengan rok midi yang memiliki potongan elegan, pilih warna atau pola yang senada dengan blazer tartan. Blazer tartan dengan pola khas, seperti warna abu-abu atau cokelat, menambah sentuhan klasik dan elegan pada tampilan Anda. 

Sebagai alas kaki, sepatu loafers, baik yang berwarna hitam, cokelat, atau dengan detail seperti gesper kecil, memberikan kenyamanan dan gaya klasik. Kombinasi ini menciptakan tampilan yang elegan, sempurna untuk berbagai kesempatan, dari santai hingga formal.

2. Dress Vintage, Cardigan Rajut, dan Sepatu Mary-Janes

Referensi OOTD Light Academia Style source: freepik.com[/caption]

Untuk look yang lebih vintage dan feminin, pilih dress vintage dengan potongan simpel namun elegan, seperti dress dengan motif floral atau warna pastel. Gaun ini memberikan nuansa romantis dan timeless. Tambahkan cardigan rajut dengan tekstur kabel atau pola sederhana, pilih warna netral seperti ivory, beige, atau dusty pink untuk melengkapi dress vintage. 

Sepatu Mary-Janes dengan detail tali atau gesper kecil sangat cocok untuk gaya vintage. Pilih yang berwarna hitam atau cokelat untuk kesan klasik yang manis. Tampilan ini sangat cocok untuk acara kasual maupun semi-formal, memberikan kesan retro yang elegan dan penuh pesona.

3. Kemeja Berkerah, Celana High Waist, dan Sepatu Oxfords

Referensi OOTD Light Academia Style source: freepik.com[/caption]

Padukan kemeja berkerah dengan potongan clean dan bahan nyaman, seperti katun atau linen, dengan warna putih atau biru muda. Kemeja ini memberikan tampilan yang rapi dan profesional. 

Kombinasikan dengan celana high waist yang memiliki potongan pas di pinggang, pilih warna netral seperti beige atau navy untuk kesan yang elegan dan modern. Sebagai lapisan luar, tambahkan trench coat dengan warna beige atau khaki, memberikan kesan timeless dan fungsional. 

Sepatu oxford, baik yang berwarna hitam atau cokelat, memberikan sentuhan klasik dan elegan pada tampilan. Tampilan ini sangat ideal untuk hari-hari yang memerlukan kesan formal namun tetap stylish.

4. Blouse Ruffled, Skirt Pleated, dan Wedges

Referensi OOTD Light Academia Style source: freepik.com[/caption]

Kenakan blouse dengan detail ruffle di bagian lengan atau kerah, pilih warna putih atau pastel untuk menambah kesan feminin. Padukan dengan skirt pleated yang memberikan volume dan gerakan, warna beige atau dusty pink sangat cocok untuk menciptakan kesan romantis dan elegan. 

Tambahkan cardigan ringan dengan warna yang senada atau kontras sebagai lapisan tambahan. Pilih cardigan dengan potongan yang simpel dan nyaman. 

Sebagai alas kaki, sepatu wedges dengan desain yang sederhana dan warna netral, seperti cokelat atau nude, melengkapi tampilan ini dengan nyaman dan stylish. Outfit ini sangat ideal untuk tampilan sehari-hari yang penuh gaya dan nyaman.

5. Linen Square Neck Dress, Pea Coat, dan Sepatu Boots

Referensi OOTD Light Academia Style source: freepik.com[/caption]

Untuk tampilan vintage yang chic, pilih dress dengan leher persegi yang terbuat dari linen, warna-warna netral seperti putih, beige, atau pastel sangat cocok untuk memberikan kesan ringan dan elegan. Tambahkan pea coat sebagai lapisan luar yang hangat dan stylish, pilih warna navy atau abu-abu untuk menambah kesan klasik. 

Sepatu boots dengan warna hitam atau cokelat memberikan sentuhan edgy namun tetap harmonis dengan gaya vintage. Pilih yang memiliki detail seperti tali untuk kesan yang lebih kuat. Outfit ini sangat cocok untuk cuaca dingin atau acara yang memerlukan sentuhan edgy namun tetap elegan.

Dengan menerapkan inspirasi dari light academia dalam gaya berpakaian dan kehidupan sehari-hari, kita tidak hanya menambah sentuhan elegan pada penampilan, tetapi juga merayakan kebahagiaan, persahabatan, dan kehangatan yang memancar dari setiap momen yang kita jalani.

Ingin tampil stylish dengan Light Academia Style? Buat pakaian custom sesuai selera Anda di KonveksidiJogja.co.id! Hubungi CS kami sekarang untuk melakukan pemesanan dan konsultasi lebih lanjut. Kami siap membantu Anda menciptakan outfit impian Anda dengan kualitas terbaik. Jangan ragu, pesan sekarang dan wujudkan gaya unik Anda bersama kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp chat