Fashion Grunge Style: Sejarah, Jenis, dan Inspirasi OOTD

Fashion Grunge Style: Sejarah, Jenis, dan Inspirasi OOTD
source: pinterest.com

Fashion Grunge Style menjadi simbol dari kebebasan dan ekspresi diri yang tak terbatas. Gaya ini tidak hanya mencerminkan era musik rock Seattle pada akhir 80-an dan awal 90-an, tetapi juga menjadi salah satu ikon mode yang tetap relevan hingga saat ini. 

Grunge menawarkan tampilan yang edgy dan berantakan, namun penuh makna. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa inspirasi OOTD (Outfit of the Day) yang bisa Anda coba untuk menciptakan tampilan grunge yang autentik dan stylish. 

Sejarah Fashion Grunge Style

Fashion Grunge Style adalah gaya busana yang muncul pada akhir tahun 80an dan mencapai puncaknya di awal tahun 90an, dipengaruhi oleh kebangkitan musik rock Seattle. Band-band seperti Nirvana, Soundgarden, dan Pearl Jam menjadi ikon utama gaya ini, dengan Kurt Cobain dari Nirvana dan Courtney Love dari band Hole sebagai figur sentral. 

Gaya grunge ditandai oleh pakaian yang terlihat usang dan berantakan, termasuk jeans longgar, kemeja flanel, kaos band, dan aksesoris DIY seperti pin. Gaya ini juga dipengaruhi oleh subkultur gotik dan metal, sehingga menghasilkan tampilan yang gelap dan edgy.

Esensi dari fashion grunge adalah penolakan terhadap budaya arus utama dan kesempurnaan dalam mode. Penggemar grunge sering mencari pakaian di toko barang bekas dan memadukan berbagai item dari era berbeda untuk menciptakan tampilan yang unik. 

Grunge tidak mementingkan tren dan lebih mengutamakan kenyamanan serta ekspresi diri. Kunci dari tampilan grunge adalah ketidaksempurnaan dan kesan “berantakan” yang disengaja. Seiring waktu, fashion grunge telah melahirkan berbagai sub-gaya seperti soft grunge, glam grunge, fairycore grunge, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Fashion Grunge Style

Fashion grunge telah berkembang dan beradaptasi seiring waktu, melahirkan berbagai sub-gaya yang unik namun tetap mempertahankan esensi dasarnya. Berikut adalah beberapa jenis fashion grunge style yang populer:

1. Soft Grunge

Fashion Grunge Style: Inspirasi OOTD
source: pinterest.com

Soft grunge menggabungkan elemen-elemen grunge klasik dengan sentuhan feminin dan lembut. Gaya ini sering menampilkan palet warna pastel, pakaian oversized yang nyaman, dan aksesoris seperti choker, kaos band, dan sepatu platform. Soft grunge tetap mempertahankan aura anti-mainstream, namun dengan penekanan pada estetika yang lebih halus dan dreamy.

2. Glam Grunge

Fashion Grunge Style: Inspirasi OOTD
source: pinterest.com

Glam grunge adalah perpaduan antara grunge yang kasar dan elemen glam yang lebih mencolok. Pakaian dalam gaya ini sering kali mencakup glitter, kain metalik, dan aksesoris yang berkilau. Meski tetap mempertahankan jeans robek dan kaos band, glam grunge menambahkan sentuhan kemewahan seperti jaket kulit berhias, boots berkilau, dan makeup yang lebih berani.

3. Glam-Goth Grunge

Fashion Grunge Style: Inspirasi OOTD
source: pinterest.com

Glam-goth grunge menggabungkan elemen-elemen dari glam rock, gothic, dan grunge. Gaya ini sering menampilkan warna hitam dominan, pakaian berbahan kulit, lace, dan velvet, serta aksesoris seperti kalung salib. Make-up berani dengan eyeliner tebal dan lipstik gelap adalah ciri khas dari sub-gaya ini, menciptakan tampilan yang gelap namun glamor.

4. Lumberjack Grunge

Fashion Grunge Style: Inspirasi OOTD
source: pinterest.com

Lumberjack grunge terinspirasi oleh tampilan pekerja hutan dengan sentuhan grunge. Kemeja flanel kotak-kotak, jeans longgar, dan sepatu bot adalah elemen utama dari gaya ini. Topi beanie dan jaket denim atau kulit sering ditambahkan untuk melengkapi tampilan tangguh.

5. Grunge Fairycore

Fashion Grunge Style: Inspirasi OOTD
source: pinterest.com

Grunge fairycore adalah perpaduan antara estetika fairycore yang lembut dan magis dengan elemen grunge yang kasar. Gaya ini sering menampilkan pakaian vintage, rok berlapis, dan blus renda dengan tambahan aksesoris seperti sayap peri, kalung rantai, dan sepatu bot. Palet warnanya cenderung lembut dan earthy.

6. Indie-Sleaze Grunge

Fashion Grunge Style: Inspirasi OOTD
source: pinterest.com

Indie-sleaze grunge memadukan elemen indie dan grunge dengan sentuhan yang lebih ‘sleazy’ atau tidak rapi. Gaya ini sering menampilkan kaos band, jeans ketat atau robek, jaket kulit, dan aksesoris seperti bandana dan kacamata hitam. Indie-sleaze grunge menekankan tampilan yang sembrono namun stylish.

7. Indie-Punk Sleaze Grunge

Fashion Grunge Style: Inspirasi OOTD
source: pinterest.com

Indie-punk sleaze grunge adalah kombinasi dari indie, punk, dan grunge dengan penekanan pada estetika berantakan serta edgy. Elemen-elemen seperti t-shirt band, jaket denim atau kulit dengan patches, jeans robek, dan sepatu bot adalah ciri khas dari gaya ini. Make-up yang berani dan aksesoris punk seperti spike menambah kesan rebellious.

Baca juga: Bohemian Style: Sejarah, Fakta Menarik, dan Tips OOTDnya

5 Inspirasi OOTD (Outfit of the Day) Fashion Grunge Style

Fashion grunge style menawarkan berbagai kombinasi pakaian yang unik dan menarik. Berikut adalah lima inspirasi OOTD yang bisa Anda coba untuk menciptakan tampilan grunge yang autentik dan stylish.

1. Kemeja Flanel, Kaos Band, Ripped Jeans, Sepatu Boots, dan Beanie 

Fashion Grunge Style: Sejarah, Jenis, dan Inspirasi OOTD
source: pinterest.com

Kemeja flanel merah kotak-kotak adalah item yang sangat identik dengan gaya grunge. Padukan dengan t-shirt band Nirvana untuk menunjukkan apresiasi Anda terhadap ikon grunge. Jeans robek menambahkan sentuhan edgy yang sempurna, sementara sepatu boots memberikan kesan tangguh dan praktis. Akhiri dengan beanie hitam untuk melengkapi tampilan yang kasual.

2. Sweater, Rok Midi, Leging, Sneakers, dan Choker

Fashion Grunge Style: Inspirasi OOTD
source: pinterest.com

Untuk tampilan grunge yang lebih modern, sweater oversized abu-abu adalah pilihan utama. Padukan dengan rok mini plaid untuk sentuhan feminin yang masih dalam nuansa grunge. Legging hitam memberikan kenyamanan dan menambah lapisan pada outfit Anda. 

Sneakers putih adalah pilihan alas kaki yang tepat, menciptakan tampilan yang kasual dan sporty. Choker kulit menambahkan aksen edgy, melengkapi tampilan modern ini dengan sempurna.

3. Kaos, Kemeja Flanel, Jaket Denim, Jeans High-Waisted Robek, dan Sepatu Boots

Fashion Grunge Style: Inspirasi OOTD
source: pinterest.com

Mulailah dengan kaos putih polos sebagai dasar. Kenakan kemeja flanel biru terbuka di atasnya untuk lapisan pertama. Tambahkan jaket denim oversized untuk sentuhan ekstra yang stylish. Jeans high-waisted robek menambah sentuhan vintage dan edgy, sementara sepatu bot chunky memberikan kenyamanan dan daya tahan. Gaya ini sempurna untuk cuaca dingin atau aktivitas outdoor.

4. Gaun Vintage, Cardigan Oversized, Kaos Kaki Tinggi, Sepatu Oxford, dan Ransel Kulit

Fashion Grunge Style: Inspirasi OOTD
source: pinterest.com

Pilih gaun vintage floral untuk tampilan yang lebih lembut namun tetap grunge. Padukan dengan cardigan oversized untuk kenyamanan dan kehangatan. Kaos kaki tinggi menambahkan detail menarik dan dipadukan dengan sepatu oxford hitam untuk sentuhan klasik. Tas ransel kulit melengkapi tampilan ini, memberikan kesan praktis dan stylish yang sempurna untuk aktivitas sehari-hari.

5. Hoodie, Skinny Jeans Robek, Sepatu Slip On, Kacamata Hitam, dan Beanie

Fashion Grunge Style: Inspirasi OOTD
source: pinterest.com

Hoodie hitam adalah dasar yang sempurna untuk tampilan casual grunge. Padukan dengan jeans skinny hitam robek untuk kesan yang santai dan edgy. Sepatu slip-on menambahkan sentuhan kasual yang nyaman. Kacamata hitam retro memberikan kesan cool dan chic, sementara topi beanie melengkapi tampilan ini dengan gaya yang effortless.

Grunge tidak hanya tentang pakaian, tetapi juga tentang sikap dan filosofi hidup. Jadikan setiap outfit sebagai pernyataan diri yang kuat dan biarkan fashion grunge menginspirasi Anda untuk tetap menjadi diri sendiri, tanpa batasan.

Ingin tampil beda dengan pakaian custom yang sesuai dengan gaya pribadi Anda? Buatlah pakaian custom impian Anda hanya di KonveksidiJogja.co.id! Hubungi CS kami sekarang juga untuk melakukan pemesanan dan konsultasi lebih lanjut. Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki pakaian yang unik dan sesuai dengan karakter Anda. Klik di sini untuk menghubungi kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp chat