7 Jenis Kerah Baju yang Cocok untuk Digunakan

Jenis kerah
source: freepik.com

Kerah adalah bagian pakaian yang terletak di bagian atas atau sekitar leher.  Memiliki fungsi untuk menambah estetika, memberikan kehangatan, memberikan ruang untuk aksesori seperti dasi atau syal, atau bahkan menjadi elemen keamanan atau pelindung, tergantung pada jenis dan konteks penggunaannya.

Kerah memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan gaya, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan fungsional dan estetika dari pakaian yang dikenakan. Simak penjelasan di bawah ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Jenis-Jenis Kerah 

Memahami jenis kerah adalah hal penting dalam proses produksi baju, karena pemilihan kerah yang kurang tepat dapat mengurangi estetika dari sebuah baju. Berikut beberapa jenis kerah baju yang biasanya digunakan.

1. Kerah Kemeja

Kerah Standart/Kerah Kemeja
source: freepik.com

Ciri khas jenis ini adalah dapat dilipat atau diatur sesuai dengan preferensi pemakai. Fungsi utamanya adalah memberikan struktur dan bentuk pada bagian atas kemeja. Selain itu, ini juga dapat menjadi tempat aksesoris seperti dasi atau syal.

Menariknya, jenis ini dapat diadaptasi dalam berbagai gaya dan desain, mulai dari formal hingga kasual. Dengan demikian, kerah kemeja bukan hanya elemen praktis dari pakaian, tetapi juga merupakan elemen desain yang penting dalam dunia mode.

2. Stand Collar

Stand Collar/Kerah Berdiri
source: freepik.com

Jenis kerah yang tegak dan lurus di sekitar leher tanpa lipatan atau pita tambahan. Mempunyai tampilan yang bersih, modern, dan sedikit formal tapi tidak terlalu kaku. Ini membuatnya menjadi pilihan populer untuk pakaian kerja atau acara semi-formal. 

Baca juga: 40 Alat Jahit dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

3. Mandarin Collar

Mandarin Collar
source: freepik.com

Jenis ini biasanya lebih tinggi dari kerah berdiri dan memiliki lipatan kecil di bagian atas untuk memberikan dimensi tambahan pada kerah. Memberikan tampilan oriental, elegan, klasik, dan eksotis, sehingga menjadi pilihan populer untuk pakaian formal atau semi-formal, terutama di Asia.

4. Kerah Rebah

Kerah Rebah
source: pinterest.com

Karakteristik utama jenis ini adalah bagian lehernya melengkung turun ke bahu, sehingga membentuk lekukan yang lebar di bagian depan pakaian. Ini adalah pilihan populer untuk gaun pesta atau gaun pengantin, karena memberikan tampilan yang anggun, berkelas, dan feminin.

Desainnya banyak disukai karena memberikan kesan yang mengalir dan memperpanjang garis leher. Ini sangat menguntungkan pengguna yang ingin menampilkan leher dan bahu secara anggun.

5. Kerah Turtleneck

Turtleneck
source: freepik.com

Jenis ini juga dikenal dengan sebutan “kerah leher tinggi” karena cenderung menutupi sebagian besar leher dan bagian bawah dagu. Karakteristiknya yang hangat dan nyaman membuatnya menjadi pilihan populer untuk pakaian hangat. 

Selain memberikan perlindungan terhadap cuaca dingin, jenis ini juga digunakan sebagai elemen desain untuk memberikan tampilan yang modis dan gaya pada pakaian. 

Baca juga: 7 Jenis Resleting yang Sering Digunakan

6. Kerah Shawl

kerah Shawl
source: pinterest.com

Ciri khas jenis ini adalah memiliki jenis kerah lebar, memanjang membentuk huruf V, dan melingkupi bagian leher serta bahu dengan sedikit atau tanpa lipatan. Kerah ini sering digunakan pada jas, mantel, blazer, dan jaket. Kelebihannya terletak pada kemampuannya dalam menambah sentuhan glamor pada pakaian formal, namun tetap mempunyai fungsi pelindung.

7. Kerah Peter Pan

Kerah Peterpan
source: pinterest.com

Jenis kerah yang terkenal dengan bentuknya yang bulat dan lebar. Karakteristik utamanya terletak pada ujungnya yang melengkung ke atas di bagian tengah leher, menyerupai kerah yang sering digunakan dalam kostum Peter Pan dalam cerita dongeng.

Kerah peterpan mempunyai kesan imut, klasik, dan feminin, sehingga banyak digunakan pada blus, gaun, kemeja anak-anak, serta pakaian wanita dewasa dengan desain yang girly atau vintage. Selain itu, ini juga dapat memberikan tampilan bersih dan berkelas. 

Demikian pembahasan mengenai 7 jenis kerah yang umum digunakan pada pakaian. Setiap jenisnya, memberikan kesan tersendiri pada pakaian. Sesuaikan kerah dengan model pakaianmu untuk hasil pakaian yang maksimal.

Konveksidijogja.co.id menyediakan jasa pembuatan pakaian yang bisa dipesan dengan desain sendiri atau kami bantu rekomendasikan. Misalnya, Anda dapat memilih kerah kemeja untuk model unisex, dan memilih kerah shangai untuk pakaian model poloshirt. Bagaimana, apakah Anda tertarik? Yuk, hubungi CS Kami untuk melakukan pemesanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp Chat Admin