Yuk, Intip Berbagai Seragam Karyawan BUMN!

logo bumn
source : bumn.go.id

Ketika ada di lingkungan kerja, seluruh karyawan harus menggunakan seragam. Begitu pula dengan karyawan BUMN. Setiap BUMN mempunyai kebijakan masing-masing mengenai seragam. Lantas, apa saja seragam karyawan BUMN?

Mengenal Badan Usaha Milik Negara

Badan Usaha Milik Negara merupakan kepanjangan dari BUMN. Sesuai dengan namanya, BUMN merupakan perusahaan milik negara yang juga dijalankan oleh negara dengan dasar mewujudkan masyarakat Indonesia agar sejahtera.

1. Sejarah BUMN

Sejak tahun 1602, terdapat sebuah perusahaan dagang milik pemerintahan Hindia Belanda bernama Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC). Hingga tahun 1950, korporasi masih didominasi oleh pengusaha asing. Maka dari itu negara merasa perlu untuk mengelola kebutuhan tersebut.

Melihat fenomena yang ada, melalui UUD 1945 Pasal 33 negara mengungkapkan perlu adanya perusahaan dengan peran korporasi. Maka lahirlah BUMN sebagai badan usaha hasil nasionalisasi dari eks perusahaan milik Belanda.

2. Ciri BUMN

BUMN mempunyai ciri khas yang berbeda dengan korporasi lainnya. Seperti penjelasan sebelumnya, dalam operasionalnya, BUMN berada di bawah pengawasan, pengontrolan, dan penguasaan negara. Berdirinya BUMN pun memiliki peran penting untuk melayani berbagai kepentingan publik.

Pendapatan negara pun tidak hanya berasal dari pajak, melainkan dari BUMN juga. Maka dari itu seluruh resiko yang ada akan ditanggung oleh pemerintah. Karena bergerak untuk masyarakat, BUMN menyediakan berbagai produk yang masyarakat perlukan demi menunjang kesejahteraan.

3. Jenis BUMN

BUMN terbagi menjadi dua jenis. Jenis pertama yaitu perusahaan perseroan atau Persero. Sebanyak 51% saham Persero adalah milik negara dengan status badan hukum. Kebanyakan BUMN di Indonesia merupakan Persero.

Jenis kedua yaitu Perusahaan Umum atau Perum. Seluruh modal pada Perum merupakan milik negara serta tidak adanya pembagian saham. Fungsi dari adanya perum adalah untuk menyediakan barang maupun jasa agar bermanfaat bagi umum.

4. Tujuan BUMN

Tujuan dari berdirinya BUMN tertuang dalam UU nomor 19 tahun 2013 tentang BUMN. Secara umum, BUMN memiliki tujuan untuk memberi sumbangsih kepada pergerakan ekonomi secara nasional. Selain itu BUMN juga terus mengejar keuntungan untuk menambah pendapatan negara.

BUMN juga bertujuan untuk menjadi pioneer bagi kegiatan bisnis dengan harapan berbagai bidang dapat dikelola dengan baik. Adanya BUMN diharapkan dapat turut serta dalam pengadaan pembinaan, pengabdian, maupun bantuan bagi koperasi, pengusaha lemah ekonomi, dan masyarakat.

5. Peran BUMN

Mempunyai banyak ciri khas, BUMN mempunyai peran tersendiri. Salah satunya adalah sebagai media pemerintah karena berperan dalam pembuatan kebijakan ekonomi nasional. Selain itu, BUMN juga bermanfaat dalam memberi lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

Adanya BUMN juga turut membangun negara dengan menjadi sumber pemasukan untuk negara. Tak hanya itu, BUMN pun akan terus menyediakan barang maupun jasa supaya seluruh kebutuhan masyarakat Indonesia terpenuhi.

Fungsi Seragam Karyawan BUMN

Seragam pada dunia kerja adalah hal yang cukup penting karena dapat menjadi identitas perusahaan. Tak hanya pada BUMN, perusahaan bersakala menengah atau kecil pun sah-sah saja jika ingin membuat seragam karyawan.

Salah satu konveksi di Jogja yang telah menerima pembuatan berbagai macam seragam kerja adalah Konveksidijogja.co.id. Kualitas yang terjamin, kemudahan berkonsultasi, dan proses pemesanan yang mudah adalah berbagai alasan mengapa konveksi ini menjadi salah satu konveksi yang sering dituju.

Sama seperti seragam lainnya, seragam karyawan BUMN pun menyimpan banyak fungsi. Selain berguna untuk menunjang penampilan para pekerja, seragam juga diciptakan sedemikian rupa dengan berbagai fungsi sebagaimana di bawah ini:

1. Identitas   

Identitas merupakan fungsi utama dari seragam. Baik BUMN atau bukan, setiap perusahaan tentu akan menunjukkan identitas mereka melalui seragam para karyawan. Maka dari itu orang luar akan dengan mudah mengenali nama instansi yang ada pada setelan seragam.

Seragam akan membuat orang lain mengetahui tentang keberadaan perusahaan tersebut. Selain itu, penggunaan seragam akan menebarkan citra positif dari BUMN karena terdapat lambang maupun nama perusahaan di bagian atas saku baju.

2. Solidaritas

Dengan menggunakan seragam, maka setiap diri karyawan akan merasa menjadi bagian dari perusahaan. Dampaknya, mereka akan memiliki rasa kebersamaan dan solidaritas yang tinggi antar karyawan BUMN.

Penggunaan seragam BUMN juga menumbuhkan rasa bangga dan pujian pada diri karyawan. Rasa bangga tersebut akan semakin besar terutama jika menjadi pegawai BUMN merupakan impian sejak kecil.

Berbagai Seragam Karyawan BUMN

Setiap perusahaan di bawah BUMN mempunyai seragam masing-masing dengan tampilan menarik. Desain dari tiap perusahaan juga mengandung ciri khas tersendiri. Nah, berikut ini beberapa contoh dari seragam karyawan BUMN.

1. Telkom

seragam kemeja telkom
source: telkom.co.id

Menjadi BUMN paling besar di Indonesia, Telkom merupakan penyedia jasa telekomunikasi seperti internet dan telepon. Perusahaan ini menyediakan berbagai produk, salah satunya yaitu IndiHome. Dari fungsinya yang menyediakan internet, Telkom mempunyai seragam khas.

Seragam karyawan BUMN IndiHome menggunakan warna merah dengan sedikit kombinasi warna putih. Tak lupa tambahan scotlite untuk memantulkan cahaya. Selain berguna sebagai identitas, seragam IndiHome juga menjadi pelindung saat turun ke lapangan.

2. Pertamina

Seragam kemeja pertamina
source : tribunnews.com

Pertamina juga merupakan bagian dari BUMN yang mempunyai berbagai anak perusahaan serta merek. Seluruh merek dari Pertamina menyimpan berbagai kekhususan tersendiri. Salah satu contohnya yaitu hasil kolaborasi Pertamina dengan Telkom.

Dari kolaborasi yang ada, terciptalah sebuah seragam kerja. Uniknya, pada seragam tersebut terdapat logo Pertamina dan Telkom Indonesia sebagai identitas. Tak lupa terdapat pula scotlite untuk menjadi pemantul cahaya.

3. Bank Mandiri

seragam karyawan mandiri
source: bankmandiri.co.id

Perusahaan berikutnya adalah Bank Mandiri yang merupakan bank paling besar di Indonesia. Tugasnya yaitu untuk melayani masyarakat dalam hal keuangan. Maka dari itu penampilan dari karyawannya harus mendukung citra perusahaan besar.

Seragam Bank Mandiri mengusung warna biru dengan sedikit bagian berwarna kuning. Kedua warna tersebut merupakan warna khas dari perusahaan. Biru sebagai warna utama, dan kuning merupakan warna dari sebuah simbol berbentuk garis lengkung di atas nama bank.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai berbagai seragam karyawan BUMN. Setiap perusahaan BUMN mempunyai ciri khas masing-masing pada seragamnya, mulai dari warna baju hingga logo yang terletak di permukaan seragam.

Silahkan menghubungi CS kami untuk info lebih lanjut. Jangan malu bertanya ya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp Chat Admin