Pembahasan Lengkap Seputar Kain Drill  

bahan kain drill dibuat menjadi celana

Kain drill merupakan salah satu jenis kain yang sering kali menjadi pilihan sebagai bahan pembuatan kemeja atau seragam. Jenis kain ini memiliki peran yang besar di dunia fashion karena model baju sekarang kebanyakan kemeja atau variasi dari kemeja. Bagi Anda yang ingin membuat baju dari kain drill atau membeli baju berbahan drill sudah sepatutnya mengetahui seputar kain drill.

Dengan mengetahui lebih dalam mengenai kain ini Anda bisa memilih baju atau bahan kain drill terbaik. Kain drill merupakan kain yang menarik dan memiliki banyak kegunaan sehingga tidak ada salahnya mempelajari jenis kain ini lebih lanjut. Ulasan berikut ini akan membantu Anda memahami kain drill mulai dari sejarahnya hingga kelebihan dan kekurangan kain drill itu sendiri.

Apa Bahan Kain Drill itu?

Kain drill adalah jenis kain yang memiliki tekstur pitalan kuat dan terbuat dari katun murni. Ketebalan kain drill ini termasuk ke kategori kain berat sedang sehingga mampu tahan terhadap abrasi dan mempertahankan bentuknya.

Saat ini ada jenis kain drill yang tidak 100% berasal dari katun, melainkan ada campuran serat lain seperti polyester atau serat nilon. Campuran serat ini dapat membantu kekuatan dan ketahanan dari kain drill.

Cikal Bakal Kain Drill

Membahas seputar kain drill tak akan lengkap tanpa tahu awal mula kemunculan kain ini untuk pertama kalinya. Awal kemunculan kain ini bermula ketika tentara Inggris yang bertugas di India menggunakan bahan kain drill.

Mulai saat itulah penggunaan kain drill menjadi populer secara perlahan dan para desainer mencoba menggunakan kain ini untuk jenis pakaian lainnya. Warna kain drill dulu terkenal dengan warna khaki atau warna debu. Sedangkan untuk sekarang sudah ada banyak jenis warna yang tersedia.

Asal Usul Nama Drill

Anda pastinya penasaran dengan asal usul mengapa kain ini bernama kain drill, bukan? Usut punya usut, ternyata nama drill ini sebenarnya berasal dari Bahasa Jerman. Dari kata “Drillich” yang berarti tiga benang menjadi “Drill”.

Bagaimana Karakteristik Kain Drill?

Mengingat ada begitu banyak jenis kain yang ada di pasaran saat ini, tentu akan sulit bagi Anda untuk mengenali mana kain drill dan mana yang bukan. Maka, berikut ini adalah karakteristik seputar kain drill yang dapat Anda ingat-ingat.

  1. Walau ada banyak, sebagian besar kain drill memiliki warna khaki atau hint warna khaki.
  2. Tersedia dalam 3 tingkat ketebalan kain drill yang berbeda, yaitu tipis, medium, dan besar.
  3. Kain drill memiliki tekstur pitalan kain diagonal atau menyerong.
  4. Terdapat perbedaan permukaan antara bagian atas dan belakang seperti kain denim.
  5. Kain drill merupakan kain yang kuat, kokoh, dan tidak mudah kusut.

Apa Saja Jenis Kain Drill?

Nah, ini dia pembahasan yang ditunggu-tunggu oleh calon pengguna kain drill. Setiap jenis kain drill tentu dapat menghadirkan hasil look yang berbeda-beda. Hal ini menjadi PR tersendiri bagi para penjahit untuk memilih mana jenis kain yang paling tepat untuk desain baju mereka. Ada tiga buah jenis kain drill menurut ketebalannya yang bisa Anda ketahui berikut ini.

Twist atau Twill Drill

Ini adalah jenis kain drill yang paling tipis tetapi memiliki fitur water repellent atau tahan terhadap air. Penggunaan jenis kain twill drill biasanya untuk jas almamater atau pakaian luar ruangan lainnya.

American Drill

American drill merupakan jenis kain drill dengan serat yang lebih besar dari jenis sebelumnya. Jenis ini tergolong pada ketebalan medium tetapi memiliki tekstur kain lebih lembut. Kain drill jenis ini biasanya untuk membuat pakaian seragam untuk kebutuhan bisnis otomotif.

Japan Drill

Ukuran serat paling besar ada di jenis kain japan drill. Dengan serat yang lebih besar tentu saja kain jenis ini lebih kuat daripada dua jenis kain lainnya. Kain jenis ini karakteristiknya cukup kaku dan kokoh sehingga cocok untuk pembuatan seragam lapangan.

Kelebihan Bahan Kain Drill

Selanjutnya di pembahasan seputar kain drill yang harus Anda ketahui adalah kelebihan dari kain drill. Simak kelebihan dari kain drill di bawah ini agar Anda bisa menyesuaikan jenis kain dengan jenis pakaian yang akan Anda buat.

  1. Kain drill lebih awet daripada jenis kain lain sehingga cocok sebagai pakaian untuk kebutuhan berat.
  2. Warna kain drill tidak cepat pudar dan kain tidak mudah kusut
  3. Memiliki variasi tingkat ketebalan sehingga ada pilihan untuk setiap kebutuhan kain drill.
  4. Kain drill punya kemampuan menyerap keringat dan air walaupun jalinan pitalan kuat dan rapat.

Kekurangan Bahan Kain Drill

Tak kalah penting dengan kelebihannya, kekurangan dari seputar kain drill juga harus Anda ketahui dengan baik. Berikut ini adalah poin-poin kekurangan dari kain drill.

  1. Ada beberapa jenis kain drill yang mudah luntur warnanya.
  2. Serat kain drill relatif tebal sehingga pakaian jadi berat.

Bagaimana Penggunaan atau Aplikasi Bahan Kain Drill Dalam Pembuatan Pakaian?

Anda pastinya sangat bingung sekali harus membuat pakaian jenis apa menggunakan bahan drill yang istimewa ini. Nah berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan bahan kain drill yang bisa Anda jadikan inspirasi.

  1. Kain drill untuk jas almamater.
  2. Kain drill untuk pakaian lapangan.
  3. Kain drill untuk kemeja dan seragam.

Pemilihan jenis kain drill akan berbeda untuk setiap kegunaannya, oleh karenanya penting bagi produsen untuk memahami dengan baik dan benar perbedaan dari keseluruhan tipenya. Namun, jika Anda kurang yakin, Anda dapat mengonsultasikan kebutuhan dan masalah Anda pada CS kami dengan mengunjungi website Konveksidijogja.co.id

Berapa Harga Kain Drill di Pasaran?

Anda bisa membeli kain drill jenis American Drill seharga Rp 45.000 per meternya. Sedangkan untuk jenis Japan Drill kisaran harganya Rp 50.000 per meter. Untuk jenis twill drill bisa Anda beli seharga Rp 30.000 per meternya.

Bagaimana Cara Merawat Pakaian Berbahan Drill Agar Tetap Awet?

Agar bahan seputar kain drill Anda lebih awet dan tahan lama tentunya Anda harus tahu bagaimana cara penyimpanannya. Simak panduan perawatan kain drill di bawah ini untuk menjaga agar kain drill Anda bisa awet.

Cara Mencuci

Anda bisa mencuci kain drill menggunakan mesin cuci dengan menggunakan air dingin saja. Air dingin ini dapat menjaga agar warna kain drill tidak pudar. Bila Anda mencuci manual jangan menyikat terlalu kuat agar tekstur kain Anda tidak rusak.

Cara Menjemur

Untuk menjaga agar warna tetap menawan, jangan menjemur kain drill di bawah sinar matahari langsung. Anda juga bisa membalik kain drill agar bagian dalam yang berada di luar.

Cara Menyetrika

Sebenarnya Anda tidak perlu menyetrika kain drill karena kain ini tidak mudah kusut. Namun, Anda boleh-boleh saja menyetrika kain drill menggunakan setrika yang tak terlalu panas.

Cara Menyimpan

Simpan kain drill Anda di lemari suhu ruang atau tempat yang tak terkena panas maupun dingin berlebihan.

Demikianlah pembahasan lengkap seputar kain drill yang dapat Anda pelajari. Bahan kain drill ini memang cukup istimewa sehingga cocok untuk banyak jenis pakaian.

Silahkan menghubungi CS kami (0856-333-0071) untuk info lebih lanjut. Jangan malu bertanya ya. Dapatkan promo free desain dan free ongkir. Yuk buruan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp Chat Admin