Model Baju Kerja Wanita, Stylish Namun Tetap Profesional

outfit kerja wanita

Seiring berjalannya waktu, bermunculan semakin banyak model baju kerja wanita yang dapat dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan. namun, bagaimana cara memilih baju kerja agar tetap tampil stylish dan tetap profesional?

Mengenal Baju Kerja

Baju kerja untuk wanita adalah busana dengan desain khusus bertujuan mendukung kegiatan wanita di dalam maupun di luar kantor. Ketentuan pakaian kerja di setiap perusahaan berbeda, tergantung pada kebijakan yang berlaku di dalamnya.

Pilihan untuk baju kerja wanita pun beragam, tidak hanya blus dengan rok saja. Kini ada banyak sekali produsen pakaian wanita yang menawarkan pakaian kerja dalam berbagai model, warna, dan aksen tambahan lainnya.

Pemilihan model baju dapat mengikuti keperluan pekerjaan. Misalnya pada acara interview pekerjaan, wanita lebih baik memilih model baju yang lebih formal daripada ketika sudah menjadi karyawan. Berbeda lagi jika baju kerja tersebut mempunyai tujuan untuk penggunaan sehari-hari.

Berbagai Model Baju Kerja Wanita

Banyaknya model baju kerja wanita sering membuat pembeli merasa bingung harus memilih yang seperti apa. Padahal pemilihan model tersebut dapat dilakukan dengan menentukan terlebih dahulu tujuan penggunaannya.

1. Bisnis Profesional

outfit kerja wanita

Bagi wanita yang bekerja di bidang bisnis profesional, tentu mengedepankan kesan kredibilitas. Maka dari itu, padanan kemeja polos dengan blazer dan rok dapat menjadi pilihan cocok. Kemeja polos dapat berwarna putih atau hitam karena sangat berguna saat acara formal maupun kasual.

Setelah blazer dengan rok juga bisa menjadi alternatif. Namun perlu dipastikan bahwa warna blazer dengan rok sama. Sedangkan, untuk variasi modelnya terdapat pilihan single breasted blazer atau double breasted blazer.

2. Bebas Sopan

outfit kerja wanita

Baju kerja bebas sopan menjadi ketentuan seragam yang sangat sering terdapat pada perusahaan dengan prinsip mengedepankan kenyamanan karyawan. Contoh dari pakaian ini adalah blus, tunik, rok plisket, dan berbagai model kekinian lainnya.

Untuk memberi tampilan santai, daripada memakai blazer, akan lebih baik jika memilih setelan blus dengan celana atau rok. Rok yang dapat menjadi pilihan yaitu rok plisket. Karakteristik lipit pada rok plisket akan memberi kesan berbeda di tempat kerja dengan tetap mengedepankan profesionalitas.

3. Kasual

outfit kerja wanita

Beberapa perusahaan memberi kebebasan pada karyawan dalam berpakaian. Tipe perusahaan tersebut sangat mengutamakan kreativitas dan ide dari tiap karyawannya. Dengan begitu, karyawan dapat bebas memilih gaya berpakaian sesuai selera mereka.

Apabila karyawan menyukai gaya santai, maka padanan kaos oblong dengan celana jeans dapat menjadi perpaduan tepat. Namun jika seorang karyawan ingin menggunakan model baju kerja wanita dengan memenuhi syariat agama Islam, maka gamis atau tunik dengan jilbab senada lah solusinya.

Jenis Pakaian Untuk Baju Kerja

Dari sekian banyak pakaian kerja, ada beberapa jenis pakaian yang menjadi favorit karyawan. Misalnya kemeja, wide leg pants, blazer, modest wear, hingga dress. Tak ada salahnya menggunakan pakaian tersebut di tempat kerja selama tidak menyalahi aturan.

1. Kemeja

kemeja wanita warna putih

Kemeja putih merupakan sebuah baju yang wajib ada bagi karyawan. Pasalnya, keberadaan jenis baju ini sering menjadi kebutuhan dalam berbagai acara seperti interview kerja, rapat penting, hingga berbagai pertemuan formal lainnya di kantor.

Untuk tampil maksimal, karyawan tak perlu bingung mencari bawahan dari kemeja putih. Penggunaan rok berbagai bentuk hingga celana denim dapat menciptakan model baju kerja wanita dengan kesan formal maupun kasual, tergantung kebutuhan.

2. Wide-leg Pants

Wide-leg Pants

Wide leg pants merupakan celana bahan. Jenis celana ini rasanya wajib ada di lemari setiap karyawan wanita. Di zaman sekarang, jenis celana ini menjadi favorit di kalangan wanita karir karena terasa nyaman ketika penggunaan. Selain itu, modelnya yang simpel memberi kesan tersendiri

Perpaduan celana kain dengan blus atau kemeja juga akan menghadirkan kesan profesional dan sopan. Bentuk celana yang mempunyai ciri khas ini bisa berpasangan dengan kaos atau sweater ketika hendak hang out. Dengan kata lain, celana kain dapat berguna pada acara formal maupun non formal.

3. Blazer

Blazer

Jika ingin tampil dalam balutan model baju kerja wanita yang elegan namun profesional, maka blazer adalah jawabannya. Penggunaan blazer juga akan terlihat bagus untuk hari interview kerja. Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan warna dari blazer, ya.

Blazer berwarna putih, hitam, nude, atau berbagai warna netral lain akan menghadirkan kesan bersih dan rapi. Namun jika ingin tetap profesional meski bekerja secara work from anywhere, maka pemilihan blazer berwarna cerah seperti hot pink atau neon dapat menjadi ide yang bagus.

4. Modest Wear

Modest Wear

Modest wear mempunyai ciri khas bahannya yang tidak memperlihatkan lekukan tubuh dan terkesan longgar. Maka dari itu pakaian ini cocok untuk menjadi model baju kerja wanita berhijab. Tampilannya yang menutup aurat akan tampak pas dengan penggunaan hijab berwarna senada.

Tampilan dari modest wear yang sopan, maka model pakaian ini cocok untuk menjadi salah satu seragam kerja. Bahkan, pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI tengah mendukung Indonesia agar menjadi pusat dari modest wear di dunia. Sangat menarik, bukan?

Beragamnya pakaian kerja di dunia wanita tak jarang membuat pekerja wanita ingin membuat desainnya secara mandiri. Jika Anda ingin membuat pakaian kerja secara custom, Anda dapat mengunjungi Konveksidijogja.co.id dan mengonsultasikan keinginan Anda pada CS kami agar tetap sesuai dengan peraturan berpakaian dalam pekerjaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp Chat Admin