Pentingnya Melakukan Mockup Kaos Polos Putih Depan Belakang

Mockup menjadi sebuah langkah penting sebelum pembuatan desain. Adanya mock up akan membuat klien mengetahui bayangan dari sebuah proyek sebelum dikerjakan. Begitu pula pada proyek mockup kaos polos putih depan belakang.

Tentang Mockup Kaos Polos Putih Depan Belakang

Dalam bahasa Inggris, mock-up mempunyai arti tiruan atau menyerupai. Di berbagai sumber, mockup merupakan media preview sebuah karya dengan menampilkan gambaran nyata sebuah hasil rancangan desain yang sudah diolah, termasuk review desain kaos polos putih.

Sedangkan, di dunia desain sendiri, mockup merupakan alat presentasi dengan fungsi menunjukkan ke orang banyak mengenai penampakan sebuah karya desain di tahap akhirnya. Adanya mockup sangat membantu para desainer dalam penyelesaian pekerjaan mereka.

Mockup menjadi sebuah senjata ampuh untuk mendapatkan perhatian audiens karena akan menampakkan hasil desain jika dituangkan pada media akhirnya. Dengan memamerkan mockup, maka fase pracetak diharapkan mampu menghasilkan hasil akhir yang memuaskan.

Pentingnya Mockup Kaos

Sebelum mewujudkan produk, sangat penting bagi desainer untuk melakukan mockup. Ada beberapa hal penting mengapa kegiatan ini perlu dilakukan. Salah satu fungsinya adalah untuk mengestimasi waktu pengerjaan proyek.

Adanya mockup dapat membantu desainer untuk melakukan perkiraan waktu pengembangan dan pengerjaan produk mereka. Mockup juga penting dalam proses coding yang akan membantu front end developer untuk memahami bentuk, warna, elemen, dan font apa sesuai keperluan.

Algoritma juga menjadi salah satu hal dalam mockup. Maka dari itu proses coding akan semakin mudah dengan adanya mockup. Pada mockup kaos putih, akan membantu pelanggan mengetahui gambaran kaos mereka, serta membantu desainer mewujudkan keinginan pelanggan.

Kelebihan Mockup Kaos

Tentu ada perbedaan pada hasil produk dengan mockup dan tanpa mockup. Dengan melakukan mockup, akan ada berbagai kelebihan yang dapat desainer raih. Adapun berbagai kelebihan tersebut antara lain:

1. Kebebasan Berkreasi

Dengan melakukan mockup kaos polos putih depan belakang, desainer bisa menunjukkan kreasi desain sebanyak-banyaknya. Bahkan, dalam proses mockup desainer juga dapat membuat contoh sebanyak mungkin meskipun produk tersebut belum ada.

Tentunya hal ini akan sangat membantu para desainer untuk menuangkan semua hasil karya mereka, untuk mengetahui bagian mana yang perlu perbaikan. Di sisi pelanggan, mockup juga membantu dalam menemukan desain sesuai keinginan mereka.

2. Realistis

Adanya mockup akan memberi tampilan karya dengan lebih realistis mengenai sebuah desain produk. Salah satu tujuannya agar pelanggan dapat membayangkan dengan lebih jelas mengenai produk mereka.

Setelah mendapat masukan dari pelanggan, desainer dapat melanjutkan produksi produk dengan lebih mudah. Bahkan, proses finalisasi produk juga lebih efektif. Maka dari itu secara tidak langsung hasilnya juga akan lebih memuaskan.

3. Menghemat Anggaran

Tanpa membuat mockup, desainer harus memproduksi produk dengan desain yang belum pasti. Tentunya hal tersebut akan membutuhkan anggaran tersendiri, dan justru akan boros jika tidak jadi digunakan.

Namun dengan adanya mockup, desainer akan sangat menghemat anggaran. Caranya pun cukup mudah, yaitu hanya perlu perangkat komputer dengan software editing di dalamnya. selain itu, mockup juga akan mengurangi terjadinya kesalahan pada desain produk akhirnya.

4. Menghemat Waktu

Selain anggaran, waktu pengerjaan produk juga akan lebih hemat dengan melakukan mockup. Desainer cukup membuat gambaran desain kaos jauh lebih cepat daripada langsung membuat cetakan preview-nya.

Desainer juga bisa membuat puluhan bahkan ratusan desain kaos hanya dalam waktu singkat. Alasannya adalah mereka cukup menggeser desain pada kaos dalam software untuk mengatur warna, ukuran, maupun motifnya. Inilah mengapa mockup akan menghemat banyak waktu produksi.

5. Mudah Revisi

Melakukan mockup kaos polos putih depan belakang akan mempermudah pelanggan memutuskan bagian mana yang tidak mereka sukai dan bagian mana untuk dipertahankan. Maka dari itu desainer akan dengan mudah merevisi bagian-bagian sesuai keinginan pelanggan.

Proses perbaikan desain pun akan dengan mudah meskipun pada detail paling kecil sekalipun. Bahkan, perbaikan tersebut dapat desainer lakukan langsung di depan pelanggan. Apabila pelanggan sudah menyetujui revisi, maka desain dapat berlanjut ke proses produksi.

Aspek Dalam Mockup

Di dalam proses desain, ada berbagai aspek yang desainer perlu perhatikan. Mulai tentang layout, warna, kontras, tipografi, spacing,dan navigasi. Aspek pertama, yaitu layout merupakan gambaran letak konten pada desain. Ada beberapa jenis layout seperti Z-shape, split screen, dan single column.

Aspek mockup berikutnya adalah warna yang pemilihannya sangat mempengaruhi perasaan setiap penggunanya. selain itu, adanya kontras juga sangat penting. Selain dapat memberi pengaruh pada perasaan, kontras juga berpengaruh dalam kenyamanan.

Adanya tipografi juga membuat desain menjadi nyaman dan menarik. Ruang kosong di antara desain juga akan menunjang penampilan produk, yaitu dengan memperhatikan spacing-nya. Aspek terakhir yaitu navigasi yang dapat memudahkan pengguna untuk menjelajahi suatu situs.

Bedanya Mockup Dengan Prototype

Untuk dapat menggambarkan sebuah desain produk, desainer tidak hanya bisa menggunakan mockup kaos polos putih depan belakang saja. Melainkan dapat menggunakan prototype juga. Namun prototype mempunyai perbedaan dengan mockup meski terlihat mirip.

Mockup lebih berfokus pada tampilan dari desain produk, sedangkan prototype lebih ke arah fungsi dan kemudahan sebuah produk. Selain itu, mockup menggunakan tools editing seperti Sketch, Photoshop, dan Mockflow.

Tools tersebut berbeda dengan tools pada prototype yang meliputi Justinmind, Invision, dan Mockplus. Baik mockup maupun prototype mempunyai fungsinya sendiri sehingga desainer dapat menentukan teknik mana untuk digunakan.

Jika Anda masih bingung, percayakan saja pada ahlinya. Konveksidijogja.co.id telah terbukti menjadi konveksi terbaik di Jogja, dengan banyaknya tawaran dalam pembuatan beragam jenis pakaian dalam skala besar.

Demikian beberapa penjelasan mengenai mockup kaos polos putih depan belakang. Adanya mockup akan sangat membantu baik bagi penyedia produk maupun pelanggan. Maka dari itu sebaiknya proses tersebut tidak dilewatkan.

Ingin melakukan pemesanan kaos? silahkan hubungi CS Kami.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp Chat Admin