Mengenal Bahan Corduroy: Tekstil Vintage dan Estetik yang Nyaman Digunakan

Bahan Curduroy
source: freepik.com

Di Indonesia, corduroy merupakan salah satu tekstil yang cukup terkenal. Curduroy juga sering didefinisikan sebagai model busana vintage dan estetik. Pasalnya, tekstil curduroy memiliki tekstur permukaan bergelombang dan unik.

Apa Itu Bahan Corduroy?

Corduroy adalah jenis kain unik yang memiliki garis menonjol seperti tali dan terasa bergelombang saat disentuh. Bahan corduroy mempunyai ciri tebal, tahan lama, hangat, dan nyaman digunakan. Kelebihan itu membuat penggunaannya beragam, seperti untuk bahan celana, mantel, kemeja, topi, jaket, dan setelan.

Selain itu, terdapat juga jenis curduroy dengan tenunan polos. Model ini dibuat dari tenunan kepar, dan jarang digunakan. 

Keunggulan Bahan Corduroy

Corduroy dibuat dengan 100% serat katun atau campuran katun dan serat sintetis seperti polyester atau nylon. Semuanya mempunyai keunggulan yang mengagumkan. Ini penjelasan lengkapnya!

1. Tahan lama

Corduroy yang dibuat dengan serat katun mempunyai karakter yang kuat, berkualitas, dan tahan aus. 

2. Lembut dan sejuk

Corduroy katun juga mempunyai bahan yang lembut dan sejuk di kulit, sehingga nyaman digunakan.

3. Tidak mudah kusut

Untuk membuat corduroy lebih keras dan kuat, produsen mencampur serat polyester dan katun. Campuran ini menghasilkan kain corduroy yang tidak mudah kusut seperti katun murni.

4. Elastis 

Beberapa curduroy dibuat dengan mencampurkan katun dengan spandeks. Hasilnya, curduroy yang dihasilkan lebih elastis dan mampu menyesuaikan bentuk tubuh penggunanya.

Baca juga: Ini Dia, 7 Jenis Kain yang Cocok untuk Kemeja

Proses Produksi Bahan Corduroy

Pada awalnya, proses produksi corduroy berbeda-beda tergantung jenis bahan yang digunakan. Namun, saat ini produsen tekstil mempunyai serangkaian langkah umum untuk memproduksi bahan corduroy. Berikut langkah-langkah produksinya.

1. Pelengkungan benang

Selama tahap pelengkungan, penenun menggunakan balok untuk mengukur dan melilitkan benang. Benang lusi dililitkan secara vertikal pada alat tenun, sedangkan benang pakan dililitkan pada kumparan secara horizontal. 

2. Menenun

Untuk membuat corduroy, penenun perlu menenun benang pakan ke dalam dan ke luar benang lusi. Benang pakan dilewatkan melalui benang lusi dengan menggunakan pedal kaki untuk menaikkan dan menurunkannya. 

Setelah tenunan utama selesai, produsen menambahkan “benang bertumpuk” yang akan dipotong untuk membentuk ciri khas curduroi. Untuk membuat desain yang terangkat, tumpukan benang dililitkan pada balok dan kemudian dimasukkan ke dalam kain menggunakan jarum.

3. Perekatan 

Lem dioleskan pada bagian belakang kain tenun untuk memastikan tumpukan benang tidak tertarik selama proses pemotongan. 

4. Pemotongan tumpukan benang 

Penenun memotong tumpukan benang yang tidak berguna. Benang ini kemudian disikat dan dihanguskan untuk menghasilkan hubungan yang lembut dan seragam. 

5. Mewarnai 

Produsen juga dapat mewarnai kain corduroy dengan pewarna pigmen. Nantinya, pola akan terbentuk setelah proses pencucian, sehingga pola yang dihasilkan lebih unik dan menarik secara visual.

Jenis-Jenis Bahan Corduroy

Curduroy memiliki beberapa subtipe, antara lain: 

1. Corduroy standar 

Bahan curduroy
source: freepik.com

Corduroy standar rata-rata memiliki 8-13 wales per inci, tapi yang paling umum adalah 11 wales per inci. Wales merupakan punggungan benang bertumpuk pada kain corduroy. 

2. Corduroy gajah 

Corduroy gajah mengacu pada bentuk tumpukan benang yang mirip dengan lipatan khas pada kulit gajah. Corduroy jenis ini memiliki tali yang sangat besar dan tebal, yaitu antara 1,5 dan 6 wales per inci.

Baca juga: Mengenal Bahan Oxford, Tekstil Terbaik untuk Kemeja Kasual

3. Corduroy Pinwale 

Kebalikan dari corduroy gajah, corduroy pinwale justru memiliki banyak tonjolan kecil di setiap inci perseginya. Corduroy pinwale dapat menampilkan hingga 21 wales per inci. 

4. Corduroy dengan pewarna pigmen 

Pemberian pewarna pigmen pada curduroy menghasilkan tampilan bintik-bintik yang semakin jelas setiap kali dicuci. 

5. Corduroy spandeks 

Curduroy spandeks dihasilkan dari menggabungkan serat katun, poliester, atau wol dengan spandeks untuk menghasilkan kain corduroy yang lebih elastis. 

Itulah penjelasan detail terkait kain curduroy. Silahkan memilih jenis kain dengan bijak sesuai kebutuhan. Tertarik membuat baju secara custom? Kunjungi saja KonveksidiJogja.co.id .

Anda bisa membuat baju sesuai desain sendiri, atau meminta team kami untuk membuatkan desain finalnya. Untuk Anda yang tertarik, langsung aja hubungi CS Kami sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp chat