Jenis Layanan Konveksi Kemeja, Apa Saja?

Ada banyak jenis konveksi, baik itu konveksi dengan produk khusus maupun konveksi untuk berbagai jenis produk. Misalnya pada layanan konveksi kemeja yang juga menyediakan konveksi untuk kaos maupun seragam sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Berbagai Hal Tentang Kemeja

Sebelum membahas mengenai layanan di dalam konveksi kemeja, akan lebih baik untuk membahas mengenai kemeja itu sendiri. Kemeja adalah jenis pakaian dengan kerah, kancing, dan saku dengan tampilan mempunyai ciri khasnya sendiri. berikut ini berbagai ulasan mengenai kemeja:

1. Sejarah

Adanya kemeja bermula pada Camisa, yaitu sebuah daerah di daratan Eropa. Dalam bahasa Perancis, bentuk asli dari kemeja mempunyai nama blus. Sedangkan, dalam bahasa Belanda dikenal dengan sebutan hem. Pada abad 17, bangsawan Eropa kerap menggunakan kemeja putih dengan renda.

Hingga akhir abad 19, terdapat anggapan pada pria yang menggunakan kemeja putih dimana mereka dianggap sebagai orang kaya. Alasannya adalah mereka mempunyai banyak uang sehingga mampu mengganti kemeja dengan baju baru sehingga selalu terlihat berwarna putih bersih.

2. Perbedaan Dengan Blus

Banyak orang menganggap kemeja sama dengan blus. Nyatanya, kedua jenis pakaian tersebut mempunyai perbedaan signifikan. Kemeja cenderung mengusung model basic dengan kerah dan kancing berbaris rapi pada bagian depan pakaian.

Sedangkan, blus yang merupakan pakaian untuk wanita bisa saja tidak terdapat barisan kancing di depan. Adanya kerah pun tidak menjadi kewajiban pada pembuatan blus. Kemeja akan menonjolkan efek tampilan formal, namun blus akan membuat penggunanya terlihat feminim dan modis.

3. Kemeja Laki-Laki

Meski terlihat tidak berbeda jauh, ternyata kemeja laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan, lho. Pada kemeja laki-laki penempatan kancing ada di sebelah kanan dengan lubang di sebelah kiri. Selain itu, tampilan dari kemeja laki-laki cenderung sederhana dengan pola lurus berwibawa.

Kebanyakan kemeja untuk laki-laki berwarna polos karena mereka lebih menyukai tampilan simpel dan tanpa corak berlebih. Namun seiring berjalannya waktu, kemeja laki-laki semakin banyak diproduksi dengan corak sederhana seperti kotak-kotak maupun garis.

4. Kemeja Perempuan

Kemeja perempuan berbeda dengan kemeja laki-laki. Meski jarang disadari, ternyata pada kemeja perempuan letak kancing berada di sisi kiri pakaian dengan lubang berada di seberangnya. Selera perempuan yang menyukai keindahan dan keunikan pun tertuang dalam model kemeja.

Tak jarang perempuan memilih pola kemeja sesuai kebutuhan kontur tubuh. Bisa dengan tujuan agar terlihat lebih ramping, maupun sebaliknya. Warna yang tersedia untuk kemeja perempuan pun beragam karena perempuan cenderung menyukai variasi seperti polos, polkadot, atau strip.

Inilah Berbagai Jenis Layanan Konveksi Kemeja

Sebuah usaha konveksi kemeja tidak hanya menyediakan layanan untuk pembuatan kemeja saja. Melainkan juga bersedia untuk memproduksi berbagai jenis pakaian lainnya. adapun jenis layanannya adalah sebagai berikut:

1. Seragam

Jasa konveksi sering membuka layanan baju seragam yang beragam. Mulai dari seragam sekolah, kerja, maupun olahraga. Pada seragam sekolah, berbagai tingkatan pendidikan dapat memanfaatkan layanan satu ini. baik itu PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMU, maupun seragam perguruan tinggi.

Biasanya, sebuah kantor akan melakukan pemesanan khusus pada pihak konveksi untuk membuatkan seragam kerja yang sesuai ketentuan. Seragam lain yang dapat konveksi buat adalah seragam olahraga dengan bahan maupun spesifikasi khusus.

2. Jas

Jas adalah pakaian formal dimana pembuatannya tidak bisa sembarangan. Beberapa contoh jas yaitu jas almamater, jas partai, jas laboratorium, dan jas dokter. Setiap jasnya mempunyai ketentuan masing-masing sehingga pemesanannya tak jarang dilakukan dalam jumlah banyak.

Baik bahan, warna, maupun desain dari jas akan berbeda sesuai aturan instansi. Misalnya, pada jas almamater setiap universitas menonjolkan ciri khas masing-masing mulai dari pemilihan bahan hingga penempatan logo dan lain sebagainya.

3. Kaos

Pembuatan kaos menjadi salah satu layanan di konveksi kemeja. Karena produk ini mempunyai banyak pesaing, maka setiap konveksi harus menyusun strategi penjualan yang ampuh. Mulai dari pemanfaatan sosial media, bekerja sama dengan influencer, hingga memasang iklan.

Konveksi juga harus bisa memastikan kualitas dari produk. Bagaimanapun juga, kepuasan pelanggan menjadi hal paling penting dalam sebuah usaha. Apabila produksi buruk, maka pelanggan akan dengan mudahnya memilih untuk memakai jasa konveksi lainnya.

4. Pakaian Muslim

Jenis layanan berikutnya adalah produk pakaian muslim baik untuk pria maupun wanita. Pada umumnya, pakaian muslim tersebut adalah baju koko, gamis, mukenah, dan lain sebagainya. Biasanya, layanan satu ini ramai ketika mendekati Hari Raya Idul Fitri.

Kebanyakan orang ingin menggunakan pakaian baru saat Hari Raya dan tak jarang membuat seragam dengan seluruh anggota keluarga. Di sinilah pihak konveksi akan mendapat banyak penghasilan setiap tahunya.

5. Hijab

Indonesia sebagai masyarakat mayoritas beragama Islam ini membuat kebutuhan hijab terus meningkat dari hari ke hari. Maka dari itu tak jarang setiap konveksi kemeja juga membuka layanan untuk pembuatan hijab karena menjadi ladang usaha cukup menjanjikan.

Dahulu model hijab hanya berupa kain polos. Namun seiring berjalannya waktu, ada banyak tren hijab unik yang membuat pembeli hijab semakin banyak. Dampaknya, permintaan produk pada layanan konveksi pun turut meningkat.

Nah, itu dia beberapa penjelasan terkait kemeja dan jenis layanan pada konveksi kemeja. Adanya banyak pilihan layanan dalam usaha konveksi akan mempermudah pelanggan untuk memesan pakaian sesuai kebutuhan meskipun dengan desain khusus tanpa perlu berpindah konveksi. Percayakan pakaian custom Anda hanya pada Konveksidijogja.co.id

Silahkan menghubungi CS Kami untuk info lebih lanjut. Jangan malu bertanya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp Chat Admin