Apa Saja Teknik Dalam Konveksi Kaos Sablon?

Adanya teknik sablon berawal pada Dinasti Song di China pada tahun 960 hingga 1279 Masehi. Seiring berjalannya waktu, kegiatan ini terus berkembang hingga menjadi salah satu layanan di konveksi kaos sablon.

Teknik Konveksi Kaos Sablon

Sekitar abad ke 18 akhir, teknik sablon mulai menyebar ke berbagai negara. Meskipun belum terdapat kain kasa untuk pencetakan, seni ini dapat berkembang seiring berjalannya waktu. Adapun teknik sablon adalah sebagai berikut:

1. Teknik Otomatis

Pada umumnya, teknik otomatis akan terlihat sama saja dengan teknik sablon manual. Bagaimana tidak, titik perbedaannya hanya ada pada tangan pengrajin yang mengerjakannya. Untuk teknik otomatis, kebutuhan tenaga manusia tergantikan oleh kemampuan mesin.

Volume maupun tekanan tinta dalam teknik otomatis dapat diatur dengan mesin bernama automatic press. Daripada sablon manual, teknik ini akan menghasilkan kualitas dan warna lebih presisi sehingga mampu memberi banyak warna pada desain gambar rumit sekalipun.

2. Teknik Digital

Teknik kedua adalah teknik digital. Dalam tahap ini, adanya mesin printer berfungsi sebagai pengganti screen. Apabila dalam teknik manual pengrajin sablon harus terus duduk di depan kain, namun pada teknik ini mereka akan lebih banyak duduk di hadapan komputer.

Menggunakan teknik digital akan terasa lebih praktis dengan hasil memuaskan. Ada beberapa pembagian kategori untuk teknik satu ini. Sampai saat ini, ada tiga kategori teknik digital dan masih ada kemungkinan bertambah melihat perkembangan dunia sablon yang begitu pesatnya.

3. Teknik Manual

Sablon dengan teknik manual sangat bergantung pada tingkat keahlian pengrajinnya. Setiap tekanan dari gesutan tinta akan menghasilkan ketebalan yang berbeda-beda. Inilah alasan mengapa teknik manual membutuhkan banyak tenaga maupun waktu.

Namun, teknik manual mempunyai banyak kelebihan. Dari segi harganya, hasil dari teknik manual tidak mahal. Selain itu, hasil cetakan akan lebih tahan lama karena adanya quality control ketika pengrajin membuatnya.

4. Teknik Polyflex

Teknik konveksi kaos sablon berikutnya adalah teknik polyflex. Dalam teknik ini ada penggunaan stiker di permukaan kain. Bahan dari teknik ini adalah sejenis vinyl yang akan mengalami tahap pemotongan oleh mesin cutter sehingga menempel pada transfer paper.

Penggunaan teknik polyflex biasanya ada pada pembuatan jersey sepak bola. Pada umumnya, pihak distributor jersey menjual jersey dalam keadaan polos dengan nama dan nomor terpisah. Maka dari itu pembeli bisa melakukan custom nama dan nomor baju.

5. Teknik Direct-to-garment

Prinsip dari teknik direct to garment terlihat mirip dengan mencetak di kertas dengan printer inkjet. Salah satu kelebihan teknik ini adalah hasil warnanya sangat detail, bahkan mendekati warna desain. Apabila ingin mencetak foto beresolusi tinggi, teknik ini bisa menjadi jawabannya.

Namun produk dengan teknik direct to garment mematok harga cukup tinggi untuk setiap apparel-nya. Apabila konsumen membutuhkan kuantitas banyak, apparel akan memakan waktu lebih banyak daripada teknik sablon manual.

6.Teknik Dye-Sublimation

Teknik terakhir yaitu teknik dye sublimation dengan penggunaan transfer paper di prosesnya. Namun bedanya dengan teknik polyflex yaitu transfer paper lebih dahulu dicetak oleh printer khusus. Transfer paper itu kemudian menempel pada kain.

Namun teknik dye sublimation mempunyai daya tahan rendah sehingga tingkat keawetannya lebih rendah daripada teknik lainnya. maka dari itu pemilik pakaian dengan teknik ini harus mengerti cara pencucian yang benar agar dapat bertahan lama.

Beragamnya teknik sablon mengharuskan produsen memilih jasa konveksi terbaik, supaya pakaian yang digunakan memiliki kualitas yang tinggi. Salah satu konveksi terbaik di Jogja adalah Konveksidijogja.co.id. Konveksi ini telah menghasilkan beragam pakaian seperti kaos, PDH, PDL, dll sesuai keinginan kebutuhan pelanggan di kancah lokal hingga nasional. Jadi, jangan ragu untuk menyerahkan pakaian Anda pada Konveksidijogja.co.id.

Proses Sablon Pada Usaha Konveksi

Sablon baju akan menyulap baju kaos polos menjadi lebih unik dan menarik. Untuk menciptakan hasil sablon memuaskan, terdapat beberapa proses mulai dari pemilihan bahan hingga proses penyablonan pada konveksi kaos sablon, antara lain:

1. Pemilihan Bahan

Pada pembuatan baju, memilih bahan merupakan tahap awal. Ada banyak pilihan jenis kaos dengan ketebalan, bahan, dan karakter berbeda. Berbagai jenis bahan yang biasa menjadi pilihan yaitu carded, cotton bamboo, dan cotton combed.

Namun terdapat pula beberapa kain yang sebaiknya dihindari, yaitu tc, polyeter, dan cvc. Pemilihan bahan bergantung pada permintaan pemesan baju. Apabila pemesan masih merasa asing dengan bahan pakaian, pihak konveksi dapat memberi rekomendasi maupun menunjukkan bahannya.

2. Pemotongan Bahan

Setelah bahan sudah terpilih, langkah berikutnya adalah proses pemotongan bahan. Proses cutting mengikuti pola sesuai dengan keinginan dan ukuran yang telah ada. Tentunya setiap konveksi menyediakan banyak pilihan ukuran bagi pemesan.

Setiap konveksi kaos sablon mempunyai standar ukuran berbeda satu sama lain. Maka dari itu sebelum pelanggan menentukan ukuran, pihak konveksi akan menjelaskan terlebih dahulu standar yang ada sehingga pelanggan memilih ukuran yang pas dan hasilnya tepat.

3. Proses Penyablonan

Langkah ketiga yaitu proses penyablonan. Dalam proses ini, terdiri dari tiga proses di dalamnya, yaitu pemilihan warna, pemilihan jenis, serta proses penyablonan itu sendiri. semakin banyak warna dalam kaos sablon, biasanya harganya pun akan lebih mahal. Begitu pula sebaliknya.

Bahan kaos akan sangat mempengaruhi pada jenis teknik sablon karena tidak semua bahan cocok dengan setiap teknik. Pada proses penyablonan, jumlah kain dan jenis sablon berpengaruh pada kecepatan proses produksi. Semakin banyak pesanan maka semakin lama pula waktunya.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai teknik dalam konveksi kaos sablon beserta prosesnya. Setiap teknik sablon mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang harus pelanggan ketahui sehingga tidak merasa kecewa di kemudian hari. Sekian, semoga bermanfaat.

Kami siap melayani pembuatan seragam custom dengan bahan custom sesuai keinginan anda. Silahkan kontak CS Kami terkait pemesanan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

WhatsApp Chat Admin