baju seragam medis

Model Baju Perawat Lengan Panjang

Model Baju Perawat

Semua orang tahu bahwa baju OK perawat adalah “seragam” resmi perawat dan dokter ketika sedang melakukan operasi. Tetapi banyak organisasi layanan kesehatan juga memiliki aturan sendiri tentang siapa yang akan mengenakan baju operasi seragam medis warna apa. Standar kode warna ini bervariasi dari rumah sakit ke rumah sakit. Beberapa rumah sakit memiliki lebih dari setengah lusin warna berbeda dalam sistem pengkodean mereka.

Untungnya, sebagian besar warna yang ditugaskan biasanya sudah tersedia. Misalnya, atasan biru unisex dan celana serut biru adalah pilihan yang sangat umum untuk kode pakaian rumah sakit. Biru tua, putih, merah anggur, dan hitam adalah opsi khas lainnya yang tidak akan pernah Anda temukan kesulitannya.

baju seragam medis

Kode Warna Pada Baju Medis untuk Apa?

Ada beberapa pemikiran di balik mengapa warna baju operasi seragam medis tertentu lebih umum di rumah sakit daripada yang lain. Hijau dan biru khususnya serin digunakan untuk banyak baju operasi di dunia medis karena mereka menetralkan warna darah. Ketika kain hijau atau biru memiliki noda darah di atasnya, noda menjadi gelap, dan hampir hitam.

Sementara itu, ahli bedah akan selalu memakai baju warna hijau di ruang operasi untuk memberikan mata mereka kontras dengan darah manusia dan organ yang tebal dan merah. Jika mata menatap salah satu warna terlalu lama, kerucut mata menjadi lelah, dan mulai melihat ilusi.

Warna yang berbeda memungkinkan tenaga medis untuk beristirahat dan membiarkan mata beristirahat sejenak, meningkatkan akurasi dan kualitas penglihatan. Hal ini sangat penting bagi ahli bedah, yang menghabiskan beberapa jam hingga beberapa hari untuk melakukan operasi.

Jika rumah sakit tidak menyediakan baju operasi seragam medis Anda, dan tidak ada kode berpakaian khusus, maka tenaga medis dapat memilih baju operasi seragam medis mana yang ingin dipakai, asalkan pantas. Namun, beberapa rumah sakit memiliki aturan berpakaian yang dimaksudkan untuk membantu staf terlihat berbeda secara visual, memisahkan spesialisasi dan departemen.

baju seragam medis

Sebagai contoh:

Bangsal trauma mungkin mengenakan warna biru tua, sedangkan departemen kebidanan dan ginekologi memakai warna ungu, dan departemen pembibitan dan pediatri memakai warna pink.
Kadang-kadang kode warna itu bukan untuk memisahkan spesialisasi, tetapi profesi. Dokter memakai biru tua, sementara perawat memakai biru lebih soft, ahli bedah memakai hijau, resepsionis memakai abu-abu, teknisi memakai merah marun, dan sebagainya.

Untuk itulah mengapa baju operasi seragam medis harus memiliki warna yang berbeda dari seragam tenaga medis lainnya yang berwarna putih. Tujuan dari pengkodean warna adalah sederhana, menawarkan semacam steno visual yang memungkinkan Anda membedakan satu spesialisasi atau departemen dari yang lain.

Di permukaan, kode warna sepertinya akan membuatnya lebih mudah untuk mencari tahu siapa yang seharusnya melakukan apa. Namun, strategi ini tidak selalu berfungsi sesuai rencana. Ada sebuah pengalaman perawat yang menyatakan bahwa aturan warna membatasi dan tidak ada gunanya.

Misal warna biru untuk perawat dan hijau untuk pembantu perawat. Sebenarnya semua orang bisa memakai warna apa pun yang mereka inginkan. Para pasien masih belum tahu siapa perawatnya. Apakah pasien tahu apa arti warna? Apakah staf rumah sakit yang lain tahu kode warna? Jawabannya pasti tidak.

Macam-macam Kode Warna Pada Baju Medis

Pengkodean warna dapat melayani fungsi yang berguna jika semua orang berupaya berkomunikasi secara efektif. Untuk informasi lebih lanjut tentang makna di balik warna gawn medis, berikut adalah penjelasannya:

Merah

Karena merah adalah warna darah dan telah terbukti meningkatkan detak jantung, Anda mungkin tidak akan sering melihat tenaga medis menggunakan terlalu banyak gawn medis dengan warna ini. Bergantung pada intensitas naungan, warna merah dapat memengaruhi respons pasien terhadap perawat atau dokter. Namun, lulur merah juga bisa menjadi pilihan yang bermanfaat dalam membantu mengangkat mood kantor dokter anak atau dokter hewan.

Nuansa seperti merah muda atau merah anggur lebih diterima secara luas dan menciptakan pengalaman visual yang menenangkan. Tidak seperti kemampuan merah untuk membangkitkan emosi yang kuat, tone warna ini memiliki efek yang lebih halus pada suasana hati seseorang.

baju seragam medis

Kuning

Mirip dengan warna merah, kuning adalah warna yang berani dan menarik yang dapat meningkatkan panas dan detak jantung pasien. Gawn medis warna kuning tidak sering dilihat di rumah sakit, dan ini mungkin alasannya. Namun, kuning juga dipandang sebagai warna optimis yang terkait dengan sinar matahari, kebahagiaan, dan kepositifan.

Mengenakan gawn medis warna kuning sangat cocok untuk kantor pediatrik atau perawatan rumah sakit, di mana warna berani ini dapat membantu mengangkat suasana hati. Orang dengan kepribadian ekstrovert cenderung lebih memilih warna baju operasi seragam medis ini.

baju seragam medis

Hijau

Warna hijau sering dikaitkan dengan ketenangan, kedamaian, dan penyembuhan. Hijau juga merupakan warna yang paling umum ditemukan di dinding rumah sakit dan kantor dokter. Hijau tidak hanya ditemukan secara ilmiah untuk menurunkan tekanan darah seseorang, tetapi juga membuat mata beristirahat.

Hijau adalah pilihan yang jelas untuk menangkal sakit kepala terkait dengan warna putih. Hijau adalah kebalikan dari merah yang membantu meringankan kelelahan mata ahli bedah dan memfokuskan kembali perhatian mereka selama operasi. Baju operasi seragam medis hijau juga memudahkan untuk menyerap dan menyembunyikan noda darah merah.

baju seragam medis

Biru

Biru adalah salah satu pilihan warna yang paling umum untuk baju operasi seragam medis. Biru adalah warna yang menenangkan, rileks, dan tenang seperti hijau. Biru juga menurunkan tekanan darah dan mengurangi kecemasan. Warna biru membantu ahli bedah lebih mudah fokus pada organ dalam sambil mengimbangi warna cerah darah. Menurut sebuah studi psikologi warna, staf medis yang mengenakan seragam biru muda, ditemukan lebih dapat dipercaya.

baju seragam medis


Manfaat Menggunakan Baju Operasi Seragam Medis

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan seragam medis berwarna beda ketika sedang melakukan operasi, di antaranya adalah :

Memudahkan Pandangan Dokter

Baju bedah berwarna hijau dan biru kehijauan membuat dokter melihat bagian dalam tubuh manusia lebih mudah di mata, karena warna tersebut berseberangan pada warna merah darah.

Mudah dicuci

Pernah mencoba mencuci darah dari sesuatu yang putih? Paling-paling, noda darah itu hanya mengalami perubahan warna hijau / cokelat saja. Sementara baju medis warna hijau lebih mudah untuk dicuci.

Perlindungan yang lebih baik untuk petugas kesehatan dan pasien

Mayoritas pakaian medis di pasar memiliki kemampuan antibakteri untuk melawan bakteri dan jenis infeksi lainnya. Fitur ini menambahkan lapisan perlindungan untuk staf dan pasien.

Jika Anda memiliki fasilitas medis dan sedang mempertimbangkan untuk menemukan produsen baju operasi seragam medis yang dapat diandalkan, Anda bisa percayakan kebutuhan Anda tersebut hanya di www.konveksidijogja.co.id.

baju seragam medis
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *